Sukses

Perjuangan Petugas Distribusikan Logistik Pemilu ke Daerah Terpencil

Liputan6.com, Mamuju - Butuh perjuangan untuk mendistribusikan logistik pemilu ke daerah terpencil seperti Kecamatan Pulau Bala-Balakan, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Distribusi ke kecamatan itu dilakukan dengan menggunakan kapal nelayan dengan pengawalan ketat aparat gabungan TNI-Polri.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (15/4/2019), petugas harus menyeberangi laut dengan jarak yang cukup jauh untuk sampai di lokasi. Logistik pemilu pun harus dibungkus rapat dengan plastik.

Sementara ke 11 kecamatan terjauh, distribusi dilakukan menggunakan pesawat berbadan kecil karena belum tersedianya akses darat. Pendistribusian logistik akan dikirim menyesuaikan 12 jadwal penerbangan.

Kondisi topografi sulit juga harus dilalui petugas di wilayah Timor Tengah Selatan. Daerah yang berbukit dengan infrastruktur jalan yang belum beraspal, membuat petugas harus bergegas mendistribusikan logistik pemilu.

Dari 32 kecamatan, 8 di antaranya merupakan daerah yang sulit dijangkau. Termasuk yang berbatasan dengan Distrik Oecusi, Timor Leste. Distribusi dilakukan menggunakan truk milik TNI dengan waktu tempuh hingga 9 jam perjalanan.

Tidak hanya di berbagai daerah, di Jakarta distribusi logistik pemilu hari ini juga terus dilakukan agar 17 April nanti, segala persiapan logistik pelaksanaan pemilu sudah rampung.

Di Kecamatan Grogol Petamburan, kotak suara didistribusikan dari GOR Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Pada pendistribusian ini, KPU Jakarta Barat bekerja sama dengan pemda dan kepolisian, untuk menjaga keamanan saat penyaluran kebutuhan logistik pemilu. (Rio Audhitama Sihombing)