Sukses

Cegah Banjir Jakarta, Anies Harap Bendungan di Bogor Segera Selesai

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bendungan Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi di Bogor, Jawa Barat, mampu mengurangi banjir Ibu Kota hingga 30 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bendungan Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi di Bogor, Jawa Barat, mampu mengurangi banjir Ibu Kota hingga 30 persen. Sehingga, dia mengharapkan pembangunan untuk kedua bendungan itu segera diselesaikan.

"Insyaallah ketika itu selesai akhir tahun ini, maka volume air yang turun ke Jakarta akan turun 30 persen," kata Anies Baswedan kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Senin (1/4/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menilai penanganan banjir selama ini menggunakan tanggul tidak terlalu efektif. Dia menyebut limpahan air tak dapat ditampung.

Oleh karena itu, Anies mengharapkan kedua bendungan dapat terselesaikan tepat waktu. Saat ini, kata dia, pembangunan kedua bendungan masih berjalan dengan baik.

"Soal tanah yang dulu jadi kendala di pembangunan tanggul itu sekarang beres dan seperti jadwalnya Desember selesai. Begitu terselesaikan, insyaallah kita akan punya volume air yang jauh lebih rendah," Anies Baswedan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurang dari 15 Persen

Sebelumnya, untuk pengendalian banjir di Jakarta, Kementerian PUPR tengah membangun dua bendungan kering yakni Bendungan Ciawi dan Sukamahi. Kedua bendungan akan berkontribusi mengurangi debit puncak banjir Sungai Ciliwung yang masuk Jakarta. Kedua bendungan ditargetkan rampung pada 2020.

Adapun progres fisik Bendungan Ciawi saat ini 9,24 persen dan Sukamahi sebesar 13,76 persen, dengan progres pembebasan lahan masing-masing sebesar 49,70 persen dan 36,52 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.