Video Amatir Detik-Detik Tebing Tambang di Jember Longsor

Video Amatir Detik-Detik Tebing Tambang di Jember Longsor

Detik-detik longsornya bukit setinggi 25 meter di Desa Puger Kulon, Jember, Jawa Timur, terekam dalam video amatir. Longsor yang terjadi Senin pagi, seketika membuat panik 15 penamabang dari PT Cahaya Putra yang ada di bawahnya.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (26/3/2019), hingga kini, satu penambang atas nama Sucipto diduga masih tertimbun material longsor.

Proses pencarian masih belum bisa dilakukan. Pasalnya, di bagian puncak bukit kini muncul sejumlah titik retakan yang berpotensi mengakibatkan longsor susulan.

Rencananya, proses pencarian akan dilakukan setelah dilakukannya peledakan titik retakan di puncak bukit.

"Untuk posisi korban belum terdeteksi. Dari informasi yang kami dapat, korban ini ada di sebelah timur. Alat berat belum bisa masuk karena dikhawatirkan akan ada longsor susulan," kata Komandan Tim Basarnas Prahista.

Sementara itu, kondisi dua korban luka terus membaik, dan satu di antaranya bahkan telah diijinkan pulang oleh tim medis.

Korban mengalami sejumlah luka memar di tubuh akibat terkena serpihan batu yang jatuh dari atas tebing dan mengalami infeksi pernafasan, lantaran sempat terkubur debu kapur.

Meski terjadi longsor, namun aktivitas pertambangan di lokasi masih tetap berlangsung. Bahkan warga, memenuhi lokasi longsor untuk melihat proses pencarian lebih dekat. (Rio Audhitama Sihombing)

Ringkasan

Oleh Rio Audhitama Sihombing pada 26 March 2019, 15:32 WIB

Video Terkait

Spotlights