Sukses

Berkas Lengkap, Taufik Kurniawan Segera Disidang Kasus DAK Kebumen

KPK telah melengkapi berkas penyidikan Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan terkait kasus suap pengurusan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kebumen.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melengkapi berkas penyidikan tersangka Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan terkait kasus dugaan suap pengurusan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kebumen. Selangkah lagi, kasus ini masuk ke ranah persidangan.

"Penyidikan untuk tersangka TK (Taufik Kurniawan), Wakil Ketua DPR RI telah selesai. Penyidik telah menyerahkan berkas dan tersangka pada penuntut umum," tutur Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Menurut dia, Taufik akan menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Semarang. Selama prosesnya, KPK sendiri telah memanggil puluhan saksi yang terdiri dari unsur pejabat daerah hingga anggota DPR RI untuk tersangka Taufik Kurniawan.

"Selama proses penyidikan telah dilakukan pemeriksaan terhadap 44 orang saksi," kata Febri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diduga Terima Rp 3,65 Miliar

Pada kasus ini, KPK menetapkan Taufik Kurniawan sebagai tersangka. Taufik diduga menerima Rp 3,65 miliar yang merupakan bagian dari komitmen fee 5 persen atas Dana Alokasi Khusus (DAK) Kebumen yang disahkan sebesar Rp 93,37 miliar.

Taufik menerima suap tersebut dari Bupati nonaktif Kebumen Muhammad Yahya Fuad. Yahya sebelumnya sudah dijerat KPK dalam kasus suap DAK bersama delapan orang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.