Sukses

Jokowi Lantik 5 Duta Besar di Istana Negara

Mereka adalah Andriana Supandi, Mochammad Chandra Widya Yudha, Hasrul Azwar, Berlian Napitupulu dan Kenssy Dwi Ekaningsih.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik lima Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Mereka adalah Andriana Supandi, Mochammad Chandra Widya Yudha, Hasrul Azwar, Berlian Napitupulu dan Kenssy Dwi Ekaningsih.

Andriana Supandi dilantik sebagai duta besar RI untuk Papua Nugini merangkap Kepulauan Solomon berkedudukan di Port Moresby. Mochammad Chandra Widya Yudha sebagai duta besar RI untuk Republik Serbia merangkap Montenegro berkedudukan di Beograd.

Hasrul Azwar MM sebagai duta besar RI untuk Kerajaan Maroko merangkap Republik Islam Mauritania berkedudukan di Rabat. Berlian Napitupulu sebagai duta besar RI untuk Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara) berkedudukan di Pyongyang. Sedangkan Kenssy Dwi Ekaningsih sebagai duta besar RI untuk Republik Ceko berkedudukan di Praha.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 17/P 2019 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI. Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta, 12 Februari 2019 oleh Jokowi.

Jokowi kemudian memimpin pengambilan sumpah jabatan yang diikuti lima duta besar tersebut.

"Demi Allah saya bersumpah. Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada UUD RI tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Jokowi diikuti lima duta besar.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan melakukan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memenuhi dengan setia segala kewajiban lain-lain yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh."

Pelantikan lima duta besar ini dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri ATR Sofyan Djalil dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kemudian, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menhub Budi Karya Sumadi, Ketua DPD Osman Sapta Odang, Ketum PPP Romahurmuziy serta Ketum Nasdem Surya Paloh.

 

Reporter: Titin Supriatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.