Sukses

Bocah 5 Tahun di Bogor Meninggal Dunia Usai Terjangkit DBD

Liputan6.com, Bogor - Suasana duka menyelimuti warga Ciomas, Bogor, Jawa Barat. Satu anggota warganya yang masih berusia 5 tahun meninggal dunia akibat terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (31/1/2018), kasus DBD di Kabupaten Bogor terus meningkat. Ada 231 orang terjangkit DBD dan dirawat di sejumlah rumah sakit. Lima di antaranya meninggal dunia.

Pemerintah Kabupaten Bogor pun intensif melakukan fogging dan pembagian serbuk abate kepada warga sebagai upaya pencegahan kasus DBD.

"Kami sudah secara gratis abate dan fogging secara gratis. Jika ada warga yang minta, langsung akan kita tindak lanjuti," kata Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin.

Kondisi serupa juga terjadi di Bojonegoro, Jawa Timur. Terdapat 177 kasus DBD dalam satu bulan terakhir. Empat di antaranya meninggal dunia.

Untuk mencegah peningkatan kasus DBD, penebaran obat pembunuh jentik nyamuk abate dilakukan di sejumlah genangan. Petugas kesehatan juga memberikan edukasi pemberantasan nyamuk Aedes aegypti. 

Meningkatnya kasus DBD di sejumlah wilayah, warga pun diimbau secara intensif membersihkan rumah dan lingkungan mereka terutama genangan air yang menjadi sumber bersarangnya nyamuk Aedes aegypty. (Rio Audhitama Sihombing)