Sukses

Reuni 212 Digelar di Monas, CFD Hanya Sampai Jalan Sudirman

Keputusan tersebut diambil karena pada hari yang sama akan ada kegiatan reuni 212 di sekitar Monas.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menyatakan, hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) hanya akan diberlakukan di Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Senayan pada Minggu 2 Desember 2018.

Keputusan tersebut diambil karena pada hari yang sama akan ada kegiatan reuni 212 di sekitar Monas. Biasanya CFD diselenggarakan dari Bundaran Senayan hingga Jalan MH Thamrin atau hingga Patung Kuda depan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.

"Hasil koordinasi dengan kepolisian, masyarakat tetap bisa  car free day. Tapi di ruas Jalan Jenderal Sudirman, yang ruas Thamrin tidak kita laksanakan," kata Sigit saat dihubungi, Jumat (30/11/2018).

Selama pelaksanaan reuni dan CFD tersebut, Sigit mengatakan pihaknya telah mengerahkan ratusan personel untuk bertugas. Dia menyebut jumlah tersebut sudah berdasarkan permohonan dari pihak Polda Metro Jaya.

"Personel kita 350 sesuai dengan permohonan dari Polda," jelasnya.

Sementara itu, sebanyak 2.000 personel TNI-Polri akan disiapkan untuk mengamankan aksi reuni 212 yang rencananya akan berlangsung di Monas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanpa Senjata

"Bantuan kita stand by kan 2.000 personel. Disebar, ini kan atas permintaan Polri (perbantuan personel)," kata Kapendam Kodam Jaya Kolonel Kristomei Sianturi saat apel 'Persiapan Natal 2018, Tahun Baru, Pileg juga Pilpres 2019, di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (30/11/2018).

Sianturi menambahkan, pengamanan aksi 212 di Monas nanti tidak akan menggunakan senjata. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, polisi menyiagakan jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan pasukan tempur.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.