Sukses

Di Depan Ribuan Mahasiswa UMM, Menhub Ungkap Arti Hijrah Pembangunan

Liputan6.com, Malang - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan arti hijrah pembangunan bangsa seperti yang disampaikan Presiden Jokowi, kepada ribuan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur.

Budi Karya menyatakan, hijrah dalam konteks pembangunan ekonomi adalah hijrah dari pemikiran pesimistis ke optimistis, konsumersime ke produktif, dan hijrah individualisme ke kolaborasi.

"Hijrah di sektor perhubungan, yaitu yang tadinya pembangunan hanya Jawasentris menjadi Indonesiasentris, dari Barat pindah ke Tengah dan Timur. Pembangunan di kota besar pindah ke daerah pinggir, terluar dan tertinggal,” kata Budi Karya di acara talk show "4 Tahun Kinerja Pemerintahan Jokowi-JK" di UMM Dome, Malang, Jumat (30/11/2018).

Dijelaskan Menhub, berbagai pembangunan yang sudah digunakan ada jalan Tol Trans jawa, jalan Tol Sumatera dari Bakahuni hingga Palembang.

"Melalui pembangunan ini tentu akan meningkatkan aktivitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa," ulasnya.

Budi Karya juga memaparkan ketimpangan di Papua yang sudah hilang. Seperti harga 1 liter BBM yang tadinya Rp 50 ribu per liter, kini katanya hampir sama harganya dengan di Pulau Jawa.

"Ini patut kita syukuri bersama. Pemerintah juga menekan angka pengangguran mencapai angka terendah sejak era reformasi, yakni 5,13 persen. Tentu ini berdampak menurunnya angka kemiskinan menjadi 9,82 persen, terbaik sejak reformasi," ujarnya.

Hijrah ini juga terjadi di sektor-sektor lainnya. Ekonomi misalnya, angka inflasi terus menurun, rasio utang terhadap PDB 29,24 persen. Ini, kata Menhub, masih lebih rendah dibanding negara lainnya.

"Di sektor olahraga, dunia dibuat berdecak kagum dengan suksesnya Asian Games 2018," ujar Budi Karya melalui pesan tertulis.

 

2 dari 2 halaman

Warga Kehormatan

Di akhir acara, Budi Karya mengadakan kuis dengan hadiah sepeda listrik, laptop dan handphone. Para mahasiswa pun berebut untuk maju ke atas panggung.

"Saya merasa tersanjung dapat sambutan hangat dan luar biasa di kampus UMM, terima kasih untuk semua keluarga besar UMM," ucapnya.

Acara yang diadakan di Dome UMM ini diawali dengan penampilan tari saman dari para mahasiswi, dan Menhub juga mendapat warga kehormatan UMM yang ditandai dengan pemberian jaket almamater UMM berwarna merah oleh Rektor UMM Fauzan.

Dalam acara ini, Budi Karya didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, yang juga mantan Rektor UMM.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Persiapan Kemenhub Hadapi Arus Mudik Natal dan Tahun Baru
Artikel Selanjutnya
Menhub Ingin Balitbang Dinamis Ikuti Perkembangan Teknologi Digital