Sukses

Kemendikbud Minta Guru Melek Teknologi

Supriano menyatakan, guru harus mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Supriano menyatakan, guru harus mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan. Hal ini diperlukan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan kompetensi global.

"Guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu kepada peserta didiknya. Tugas guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupannya, termasuk pemanfaatan kemajuan teknologi informasi," ungkap Supriano saat memperingati Hari Guru Nasional di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (26/11/2018).

Supriano yang mewakili Menteri Pendidikan Muhadjir Efendi di acara tersebut menambahkan, revolusi industri keempat yang sudah merambah ke semua sektor harus disikapi dengan arif, termasuk oleh kalangan guru.

Dia menegaskan, kurang bijak jika hanya menyalahkan perkembangan teknologi yang masif. Karenanya, harus mampu mengembangkan hal tersebut menjadi positif.

"Oleh sebab itu, profesionalisme guru penting. Karena hal itu merupakan salah satu syarat utama perwujudan pendidikan berkualitas dan berkarakter, serta menguasai kecakapan abad 21 yang dibutuhkan oleh setiap peserta didik," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.