Sukses

Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Sumbawa Barat

Dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat dan Lombok Barat.

Liputan6.com, Jakarta Gempa bumi magnitudo 4,7 mengguncang Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya pada Selasa dinihari, pukul 02.39 WIB atau 03.39 WITA.

Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menunjukkan, pusat gempa tersebut terletak pada koordinat 9,32 lintang selatan dan 117,21 bujur timur.

"Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 kilometer tenggara Sumbawa Barat, NTB pada kedalaman 55 kilometer. Gempa tidak berpotensi tsunami," ujar Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto, Selasa (23/10/2018).

Dia mengatakan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, dan Lombok Barat III MMI.

"Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia," ucap Agus. 

Hingga pukul 03.22 WIB atau 04.22 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Tapi kami mengimbau masyarakat di Sumbawa Barat, dan Lombok agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Agus.

Sebelumnya, BMKG mencatat gempa bumi berkekuatan 4,8 skala Richter mengguncang Kabupaten Lombok Utara dan sekitarnya pada Kamis (18/10), pukul 08.13 WIB atau 09.13 WITA.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Sumbawa Barat