Sukses

Jokowi Terima Kunjungan Kepala Eksekutif Afghanistan

Jokowi menyampaikan terima kasih kepada Abdullah karena memberikan perhatian terhadap bencana gempa bumi dan tsunami Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kehormatan Kepala Eksekutif Pemerintahan Afghanistan, Abdullah Abdullah di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis. Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kedatangan Abdullah ini merupakan kunjungan balasan setelah Jokowi melawat ke Kabul, Afghanistan, pada Januari lalu.

"Yang Mulia, selamat datang di Indonesia dan senang sekali dapat bertemu kembali dengan Yang Mulia Abdullah Abdullah setelah kunjungan saya ke Kabul," kata Jokowi saat memberikan sambutan singkat.

Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Abdullah. Abdullah disebut telah memberikan perhatian terhadap bencana gempa bumi dan tsunami Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu. Dia kemudian menjelaskan keadaan terkini dan proses evakuasi korban gempa dan tsunami.

"Kemarin saya baru saja dari Palu dan kerja keras terus dilakukan untuk membantu korban dan keluarga serta membantu mereka untuk memulai hidup normal kembali. Sampai kemarin korban sudah mencapai 1.300 orang yang meninggal," ucap Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belasungkawa

Menanggapi sambutan Jokowi, Abdullah mengucapkan terima kasih. Dia kembali menyampaikan ucapan belasungkawa atas musibah yang menimpa Palu.

"Sekali lagi saya menyampaikan duka cita saya dan simpati kepada Anda dan kepada masyarakat Indonesia atas kerugian dan musibah yang menimpa di Palu," ujarnya.

"Presiden Ghani juga menyampaikan salam dan pesan duka cita serta apresiasi atas dukungan Anda untuk Afghanistan," sambung Abdullah.

Menurut Abdullah, kunjungannya ke Indonesia kali ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama kedua negara. Dia berharap, pertemuan ini bisa menindaklanjuti rencana kerja sama Indonesia dengan Afghanistan.

"Saya bahagia ada di sini untuk menindaklanjuti dan diskusi mengenai apa yang dapat dilakukan," kata dia.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.