Sukses

Mensos: Bantuan Asing untuk Gempa Palu dan Donggala Mungkin hanya Barang

Mensos menegaskan, bantuan dari negara sahabat akan dikoordinasikan di Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan. Termasuk mekanismenya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, bantuan internasional untuk korban bencana gempa tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), kemungkinan hanya berupa barang. Sebab, kata dia, pemerintah belum menetapkan musibah tersebut sebagai bencana nasional.

"Terkait dengan itu (bantuan asing), jadi kemungkinan-kemungkinan itu hanya barang ya, jadi mereka tidak masuk ke Indonesia apalagi ke lokasi (gempa)," kata Agus di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/10/2018).

"Jadi kemungkinan besar kita terima, dan nanti kita sendiri yang akan mendistribusikan bantuan-bantuan itu," sambungnya.

Agus juga menegaskan, bantuan dari negara-negara sahabat akan dikoordinasikan di Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan. Termasuk mekanismenya.

"Karena kan ada mekanisme, betul-betul harus disiapkan dan karena orang luar negeri masuk ke Indonesia," ungkapnya.

Reporter: Sania Mashabi

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Susulan

Gempa susulan terus mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah hingga siang ini. Gempa terbaru mengguncang Donggala, Senin (1/10/2018) pukul 12.43 WIB.

Gempa ini berkekuatan magnitudo 5,5 terjadi di lokasi 0,06 Lintang Utara dan 119,55 Bujur Timur, 62 km Barat Laut Donggala. Pusat gempa berada di kedalaman 10 km.

"Info Gempa Mag:5.5, 01-Oct-18 12:43:35 WIB, Lok:0.06 LU,119.55 BT (62 km BaratLaut DONGGALA-SULTENG), Kedlmn:10 Km," demikian keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yang diterima, Senin.

 

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

 

 

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini