Sukses

Personel ATC Airnav Anthonius Gunawan Korban Gempa Palu Dimakamkan

Kedua orang tua Anthonius yang tiba dari Papua pun terlihat memeluk peti jenazah seraya mengingat kebiasaan yang dilakukan anaknya.

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari seratus taruni Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) dan pegawai Lembaga Penyelenggara Pelayana Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav) memberi penghormatan terakhir kepada Anthonius Gunawan Agung sebelum dimakamkan.

"Saya mewakili keluarga besar Anthonius Gunawan Agung mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang hadir untuk mendoakan kepergian ananda Anthonius," kata paman Anthonius, Sambas, di rumah duka Jalan Onta Baru Makassar, Senin (1/10/2018), seperti dilansir dari Antara.

Jenazah Air Traffic Controller (ATC) Anthonius disemayamkan di Gereja Katolik Mamajang sebelum dibawa ke pemakaman di daerah Antang Makassar. Anggota keluarga Anthonius tak kuasa menahan kesedihan di dalam gereja tersebut.

Kedua orang tua Anthonius yang tiba dari Papua pun terlihat memeluk peti jenazah seraya mengingat kebiasaan yang dilakukan anaknya.

"Maafkan ibu nak, saya sudah tidak bisa garuk-garuk lagi nak," kata ibu Anthonius yang terus berada di sisi peti jenazah anaknya itu, Senin (1/10/2018).

Saat gempa bumi terjadi di Palu, Anthonius mempertaruhkan nyawanya untuk memandu pilot Batik Air ID 6231 yang akan terbang dari Palu menuju Makassar. Di saat personel AirNav lainnya turun saat gempa mengguncang, Agung belum bisa turun karena pesawat belum tinggal landas.

Ia baru melompat keluar dari jendela cabin tower (lantai 4) untuk menyelamatkan diri setelah memastikan pesawat itu telah lepas landas dengan selamat.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berencana Dibawa ke Balikpapan

Personal AirNav lainnya membawa Anthonius ke rumah sakit yang kemudian merujuknya ke rumah sakit yang lebih besar karena adanya indikasi luka dalam. Agung rencananya akan diterbangkan ke Balikpapan menggunakan helikopter, tetapi karena kondisi bandara yang tidak memungkinkan, helikopter tersebut baru bisa diterbangkan di pagi harinya.

Ironisnya, sebelum helikopter tersebut tiba, pria berusia 22 tahun ini sudah dipanggil Yang Maha Kuasa.

Jenazah petugas ATC yang lahir di Abepura ini telah disemayamkan di rumah kerabatnya di Makassar dan akan dimakamkan sesuai dengan permintaan pihak keluarga.

Sebelumnya, AirNav Indonesia telah menaikkan dua tingkat pangkat personel ATC Anthonius sebagai penghargaan atas dedikasinya yang luar biasa dalam memberikan pelayanan untuk mewujudkan keselamatan penerbangan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun menginginkan ATC Anthonius untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan.

 

Reporter: Melissa Octavianti

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.