Sukses

Sambut HUT ke-73 TNI, Panglima Hadi Tjahjanto Ziarah ke Makam Gus Dur

Liputan6.com, Jombang - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berziarah ke makam Presiden ke-4 RI Abdurahman Wahid atau Gus Dur di kompleks makam Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Rabu (19/9/2018).

Tradisi ziarah tersebut merupakan bentuk rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2018.

Sebelum melaksanakan ziarah ke makam Gus Dur, Panglima TNI dan rombongan juga melaksanakan ziarah ke makam Presiden Pertama Indonesia Ir Sukarno di Blitar, Jawa Timur.

Pantauan di lokasi, kedatangan Panglima TNI Hadi Tjahjanto bersama rombongan disambut Forum Koordiansi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jombang, di antaranya Pelaksana tugas (Plt) Bupati Jombang Munjidah Wahab, Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto, dan Pengurus Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

Alunan Musik Rebana dari gabungan para santri dan Petugas TNI serta Polri juga turut menyambut kedatangan Hadi Tjahjanto.

Setelah melaksanakan upacara penghormatan di Kompleks Makam Tebuireng, Panglima TNI dan sejumlah pejabat melaksanakan doa bersama di depan makam Gus Dur.

Hadi Tjahjanto mengatakan, kunjungannya ke makam Gus Dur, sebagai bentuk poenghormatan kepada para pendahulunya dan para pahlawan.

"Beliau merupakan pejuang serta pemimpin bangsa yang patut diteladani dan dihormati jasa jasanya," tutur Panglima TNI.

2 dari 2 halaman

Diminta Tak Melupakan Sejarah

Dengan ziarah ke makam para pahlawan, Panglima TNI meminta kepada seluruh prajurit dan pejabat TNI untuk tidak melupakan jasa para pahlawan yang telah mendahului atau gugur dalam perjuangan.

"Kita tidak boleh lupa dengan sejarah, bagaimana pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan," katanya.

Rangkaian ziarah ditutup dengan penaburan bunga ke makam Gus Dur dan sejumlah makam yang ada di kompleks pemakaman.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
TNI Luncurkan Situs Jual Beli Online Produk Kerajinan Indonesia
Artikel Selanjutnya
Tutup Gebyar Karya Pertiwi, Panglima TNI Berharap Kearifan Lokal Terjaga