Sukses

Mendagri Minta Gubernur yang Baru Dilantik Segera Konsolidasi

Para gubernur dan wakil gubernur juga diingatkan untuk memahami dan menghindari area rawan korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berpesan kepada sembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur yang baru dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk segera melakukan konsolidasi. Mereka juga diminta memastikan program strategis pemerintah pusat bisa terlaksana di daerah masing-masing.

"Pastikan bahwa program strategis yang sudah direncanakan Presiden Jokowi harus bisa terlaksana di daerah tepat waktu, seiring dengan program-program skala prioritas sebelum terpilih," kata Tjahjo di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Selain itu, dia juga meminta agar para gubernur segera melakukan pertemuan dengan DPRD, Forkompinda, dan tokoh-tokoh daerah dalam rangka menjaga stablitas daerah. Para gubernur dan wakil gubernur juga diingatkan untuk memahami dan menghindari area rawan korupsi.

"Saya mengingatkan pahami area rawan korupsi, khususnya yang menyangkut perencanaan anggaran, dana hibah, bansos, mekanisme jual beli barang dan jasa, dan mengenai retribusi dan pajak," tutur Tjahjo.

Mantan Sekjen PDI Perjuangan ini mengatakan, Jokowi menginginkan kinerja pemerintah daerah dan pusat bersinergi dengan baik. Sehingga dapat mempercepat proses reformasi birokrasi dan memperkuat otonomi daerah.

Presiden Jokowi melantik sembilan gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pilkada 2018 di Istana Negara, Jakarta, Rabu pagi. Mereka adalah:

1. Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Taj Yasin.

2. Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

3. Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji-Ria Norsan.

4. Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Lukas Enembe-Klemen Tinal.

5. Gubernur dan Wakil Gubernur Bali I Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardana.

6. Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah.

7. Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi-Lukman Abunawas.

8. Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah-Sumarsono.

9. Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat-Josef Nae Soi.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.