Sukses

Karyawan PT Newmont Mogok Kerja

Liputan6.com, Sumbawa Barat: Ratusan karyawan PT Newmont Nusa Tenggara Barat, Rabu (16/11) melakukan aksi mogok kerja. Mereka menuntut kepastian upah lembur. Aksi mogok dilakukan para karyawan sejak Rabu dini hari pukul 00.30 Wita. Para karyawan terlihat hanya duduk-duduk di kawasan Town Site Newmont di Batu Hijau, Sumbawa Barat, Provinsi NTB. 

Sementara itu Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Muh Suryo Saputro yang turun langsung di lokasi mengatakan bahwa pihaknya telah mengerahkan sedikitnya 30 personel untuk mengamankan aksi tersebut.

"Ya, kami sudah tempatkan personel untuk melakukan pengamanan guna mencegah timbulnya hal-hal tidak diinginkan," katanya. Suryo menambahkan, pihak perusahaan sedang melakukan dialog dengan perwakilan dari pengunjuk rasa.

Menurut juru bicara para pengunjuk rasa, upah lembur karyawan tidak jelas. Karena itulah mereka menginginkan ada kejelasan soal upah kelebihan jam kerja bagi karyawan. 

Ketua Serikat Pekerja Tambang Newmon, Iwan Setiawan mengatakan aksi dengan tuntutan serupa pernah terjadi juga Agustus 2010. Ketika itu belum ada kata sepakat antara pihak manajemen perusahaan dengan karyawan. Bahkan kasus sengketa tersebut sampai dibawa ke meja hijau yang kemudian dimenangkan oleh pihak perusahaan. Karyawan tidak puas dan mengajukan kasasi ke MA. Proses hukumnya masih berjalan sampai sekarang.

Pihak perusahaan yang diwakili Manager Public Relation PT Nowmont Rubi Purnomo, menolak dikonfirmasi wartawan berkenaan dengan adanya aksi mogok kerja ratusan karyawan tersebut. (ANT/Vin)