Sukses

Kurangi Bau, Kali Item Akan Disemprot Cairan Pewangi

Berbagai upaya dilakukan pemerintah DKI Jakarta untuk mengurangi polusi dan bau Kali Item atau Kali Sentiong yang berada di samping Wisma Atlet.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai upaya dilakukan pemerintah DKI Jakarta untuk mengurangi polusi dan bau Kali Item atau Kali Sentiong yang berada di samping Wisma Atlet.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendrawan mengatakan, pihaknya berencana menyemprot area Kali Item dengan cairan sejenis pewangi. Metode itu akan dicoba untuk mengurangi bau yang tercium di Wisma Atlet Kemayoran.

"Secara teknis tadi sudah disampaikan tim ahli kepada kami, besok akan ke lapangan kita akan coba metode ini. Salah satunya melakukan penyemprotan atau dengan bahan cairan untuk mengurangi bau," ujar Teguh di Balai Kota Jakarta, Jumat (27/7/2018).

Saat ini, Teguh mengaku belum mengetahui teknis pelaksanaan metode tersebut. Teguh juga tidak mengetahui nama cairan pewangi yang dimaksud.

"Metode itu ditawarkan oleh tim ahli yang telah dipresentasikan kepada Pemprov DKI," ucapnya.

Sejak penutupan Kali Item dengan jaring ramai dibicarakan, Teguh mengaku banyak pihak yang datang ke Dinas Sumber Daya Air menawarkan berbagai produk dan metode untuk menjernihkan dan menghilangkan bau.

Bila rencana pemberian cairan pewangi terlaksana, cairan tersebut akan disemprotkan di sekitar Jembatan Marto yang dipasangi waring hitam. Upaya memberi pewangi tersebut akan dilaksanakan selama 1,5 bulan hingga Asian Games digelar.

"Kita fokus yang di Jembatan Marto yang panjang kita pasang jaring tuh, kita fokus di situ dulu, kan 700 meter," tandas Teguh.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.