Sukses

Jokowi Minta Orang Terkaya Indonesia Ikut Nyumbang Pembangunan Menara MUI

Jokowi berjanji akan membantu percepatan pembangunan Menara MUI

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang memasuki usia ke-43 tahun. Ia berharap MUI mensyiarkan Islam serta memberikan teladan yang baik kepada seluruh umat di Tanah Air.

"Sekali lagi selamat milad ke 43 MUI. Mohon tausiyah (dakwah), mohon uswahnya (teladan), dan qudwahnya (panutan) demi kejayaan Indonesia dan kesejahteraan umat yang kita cintai," kata Jokowi di Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (26/7/2018).

Di sela-sela tasyakuran milad ke-43 MUI, Jokowi melakukan peletakan batu pertama pembangunan Menara MUI. Menara ini direncanakan dibangun di atas lahan seluas 15 hektar di Bambu Apus.

Jokowi berjanji akan membantu percepatan pembangunan Menara MUI tersebut serta mendorong pihak-pihak lain untuk ikut berkontribusi dalam bentuk materi.

"Dengan mengucap Bismillahhirrahmanirrahim akan kita dorong bersama-sama agar secepat-cepatnya menara MUI ini bisa diselesaikan dengan konsep dana wakaf," ujar dia.

Mantan Wali Kota Solo ini menyebut, dirinya tidak memilki harta berlimpah. Namun, dia berjanji akan ikut menyumbang dana untuk pembangunan Menara MUI. Soal jumlah detailnya, Jokowi enggan membeberkan.

"Nanti sedikit-sedikit lah pak kiai, memberi semangat saja. Tidak banyak tapi memberikan semangat agar Menara MUI benar-benar bisa diselesaikan dan MUI memiliki sendiri kantor besar yang ada di lokasi ini," kata dia.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga melempar candaan kepada pengusaha Chairul Tanjung yang hadir dalam acara tersebut. Jokowi meminta CT, sapaan akrab Chairul Tanjung ikut berkontribusi untuk pembangunan Menara MUI.

"Beliau (CT) ini kan baru saja saya baca tadi pagi masuk dalam lima besar orang terkaya di Indonesia. Jadi tolong Pak Kiai (Ma'ruf Amin) nanti dilaporkan Pak CT nyumbangnya berapa, wakafnya berapa, dana wakafnya harus jelas," ucap Jokowi disambut tawa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

20 Lantai

Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI, Lukmanul Hakim mengatakan peletakan batu pertama pembangunan Menara MUI dilakukan sebagai lanjutan upaya menggerakkan kemandirian ekonomi umat.Sumber dana pembangunan menara MUI dioptimalkan dari kekuatan ekonomi umat yang dikelola oleh Lembaga Wakaf MUI.

Rencananya, Menara MUI nantinya terdiri 20 lantai. Tiga lantai paling bawah tersambung dengan dua tower sebelah Menara MUI Safa Tower dan Marwa Tower. Tiga lantai ini akan dijadikan sebagai area bisnis produk halal, kuliner halal, bisnis syariah, dan fashion Islami.

"Adapun perkantoran yang akan dipakai sebanyak 4-5 lantai. Dua belas lantai sisanya akan disewakan untuk perkantoran," papar Lukman.

Nilai bangunan Menara MUI sebesar Rp 600 milyar. Ditargetkan lunas dibeli MUI dalam 5 tahun. Pembangunan menara MUI ditargetkan rampung sebelum Munas MUI 2020.

Reporter: Titin Supriyatin

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Chairul Tanjung ialah seorang pengusaha asal Indonesia
    Chairul Tanjung ialah seorang pengusaha asal Indonesia

    Chairul Tanjung

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI