Sukses

Menanti Pendamping Jokowi dan Prabowo pada Pilpres 2019

Para calon pendamping ini diharapkan menjadi pasangan yang sepadan untuk kandidat capres yang ada.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah partai politik mengaku masih mencari kandidat sepadan untuk menjadi calon wakil presiden bagi sejumlah capres, seperti Jokowi atau Prabowo Subianto.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (15/7/2018), para calon pendamping ini diharapkan menjadi pasangan yang sepadan untuk kandidat capres yang ada. Partai Demokrat masih membuka peluang koalisi baik bagi partai pendukung petahana atau pun kubu oposisi.

Namun, mensyaratkan dialog terbuka antar ketua umum dan tak mengumumkan kandidat capres jelang pendaftaran berakhir. Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan tetap akan berada pada oposisi untuk tak mencalonkan kembali Presiden Jokowi.

Di mata pengamat politik Emrus Sihombing, ada dua calon kuat pendamping Jokowi, yaitu Airlangga Hartanto dan Mahfud MD. Hal ini disimpulkan dari kedekatan mereka dengan presiden dan kondisi bangsa saat ini.

Sejumlah nama mencuat menjadi pendamping Jokowi dalam konstelasi politik 2019. Setidaknya ada 10 nama terkuat yang masih dirahasiakan untuk menjadi calon wakil presiden petahana.