Sukses

Buaya 3,5 Meter yang Ditangkap di Cipayung Jadi Penghuni Baru TMII

Liputan6.com, Jakarta - Buaya muara sepanjang 3,5 meter yang dievakuasi dari sebuah kolam di kawasan Cipayung, Jakarta Timur, Senin sore, 9 Juli 2018, kini dititipkan di Taman Reptilia Taman Mini Indonesia Indah(TMII). Evakuasi sebelumnya melibatkan petugas dinas pemadam kebakaran.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (10/7/2018), buaya muara jantan dengan berat mencapai 180 kilogram, siang tadi jadi penghuni baru kandang buaya muara di Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia TMII.

Kandang buaya muara disekat dan masih dipisahkan denganbuaya penghuni kandang yang lain. Pengelola Taman Reptilia masih mempelajari kebiasaan buaya muara yang diserahkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta itu.

"Kami lakukan pendekatan pada kandang-kandang. Untuk pemberian pakan dan lainnya, nanti di bulan pertama akan kita sesuaikan," kata pengelola Taman Reptilia TMII, Piter Kombo.

Senin sore, 9 Juli 2018, belasan petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur dan BKSDA dibantu warga mengevakuasi buaya muara dari sebuah kolam.

Untuk memudahkan evakuasi, air kolam sempat dikurangi. Sebelumnya, buaya itu dipelihara salah satu warga Bambu Apus, Cipayung. Namun, pemiliknya meninggal dunia. Anak dari pemilik tidak berani lagi memelihara buaya itu lantaran ukurannya sudah mencapai 3,5 meter. (Muhammad Gustirha Yunas)