Sukses

Cara Unik Basmi Hama Ulat Bulu

Liputan6.com, Garut: Berbagai cara dilakukan demi mengatasi serangan hama ulat bulu. Di Garut, Jawa Barat, Ahad (17/4), misalnya. Warga berinisiatif menyuntikkan pestisida ke sejumlah pohon. Cara ini diyakini ampuh dalam melindungi vegetasi dari hama.

Dengan menggunakan mesin bor, satu per satu pohon dilubangi sedalam sepuluh sentimeter. Pestisida jenis Curacron dan Rozotin pun diinjeksikan, kemudian lubangnya ditutup tanah. Dalam waktu enam hari, obat bereaksi dan menyebar ke seluruh batang, ranting, dan daun. Ulat yang menempel di pohon akan mati karena keracunan. Haji Aat mendapatkan metode ini melalui berbagai referensi buku pertanian.

Sementara di Kediri, Jawa Timur, petugas Dinas Pertanian setempat melakukan pengasapan atau fogging. Tak hanya tanaman yang ditempeli ulat bulu, tanaman biasa pun tak luput terkena bahan insektisida. Hal tersebut dinilai penting demi memutus tempat perkembangbiakan hama.

Ada beberapa cara mengatasi serangan ulat bulu. Jangan menggaruk kulit yang terkena ulat. Hilangkan bulu yang menempel dengan selotip sekali pakai. Setelah itu cuci kulit dengan air panas dan sabun. Oleskan garam selama lima menit kemudian tambahkan minyak kelapa untuk mengurangi bengkak.(WIL/ANS)

    Loading