Sukses

Pelabuhan Merak Dibuka lagi, Antrean Kendaraan Mengular

Lima dermaga di Pelabuhan Merak, Banten, dibuka secara bertahap sejak pukul 02.30 WIB.

Liputan6.com, Banten - Setelah sempat ditutup akibat serangan siklon tropis Dahlia di Selat Sunda Kamis 30 November kemarin, Pelabuhan Merak akhirnya dibuka hari ini, Jumat (1/12/2017).

Lima dermaga di Pelabuhan Merak, Banten, dibuka secara bertahap sejak pukul 02.30 WIB. Kendati demikian, terjadi penumpukkan kendaraan di dalam pelabuhan.

Padatnya kendaraan yang akan menyeberang di Pelabuhan Merak, menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung, membuat Jalan Cikuasa Atas menjadi kantung parkir hingga sejauh tiga kilometer.

Guna mengatasi hal ini, petugas setempat pun melakukan penyekatan.

"Penyekatan kendaraan yang akan menyeberang di fly over Cikuasa Atas," kata Dirlantas Polda Banten Kombes Tri Julianto Djatiutomo, Jumat (01/12/2017)

Polda Banten juga menempatkan personel mulai dari Gerbang Tol Merak, Simpang Gerem, Fly Over Cikuasa Atas, pintu masuk dan di dalam Pelabuhan Merak.

Petugas dari Polres Cilegon dan Polda Banten juga membagikan makanan kepada para supir truk dan bus yang mengantre sejak Kamis kemarin masuk ke dalam pelabuhan.

"Situasi terkini untuk antrian kendaraan di parkiran dermaga I-V sudah terisi penuh," jelas Tri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Dermaga Dibuka

Pengoperasian Pelabuhan Merak dilakukan secara bertahap. Dermaga pertama dibuka Jumat (1/12/2017) dini hari pukul 02.30 WIB.

Selanjutnya pada pukul 06.00 WIB, Dermaga II kembali dibuka dengan pengoperasian enam kapal.

Lalu pada pukul 07.15 WIB, kembali dibuka Dermaga III. Ditambah pada pukul 09.30 WIB dibuka Dermaga IV dengan pengoperasian dan Dermaga V dengan 2 kapal.

"Kondisi cuaca lebih bersahabat. Namun kondisi di dermaga padat mengalir. Kendaraan yang tertunda (keberangkatan) bisa selesai malam ini," terang Fahmi Alweni, General Manager (GM) PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, saat ditemui dikantornya, Jumat (1/12/2017).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.