Sukses

Pesawat N219 Buatan Anak Bangsa Sebagai Roda Penggerak Ekonomi

Pesawat N219 didesain sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Liputan6.com, Bandung - Tepuk tangan dan keriuhan penonton di bandara mengiring pesawat N219, saat lepas landas dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Pesawat buatan anak bangsa itu sedang melakukan uji terbang atau flight test untuk pertama kalinya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (17/8/2017), pesawat dengan kapten pilot, Ester Gayatri dan Ari Budi Atmoko sebagai kopilot, melakukan uji terbang perdana untuk memastikan tahapan pesawat berjalan sesuai rencana. Pesawat purwarupa ini melakukan terbang di sekitar Batujajar dan Waduk Saguling, Jawa Barat, sebelum mendarat.

Lagu Padamu Negeri menyambut kedatangan awak pesawat N219 saat tiba di bandara, setelah terbang sekitar 20 menit. Awak pesawat tidak bisa menutupi rasa bangga usai menerbangkan pesawat produk anak bangsa, jelang hari ulang tahun ke-72 kemerdekaan Republik Indonesia.

Pesawat yang dirancang PT Dirgantara Indonesia dan Lapan, didesain sesuai dengan kebutuhan masyarakat, terutama di wilayah perintis. Pesawat N219 ini diharapkan dapat digunakan menjadi salah satu roda penggerak ekonomi dan sebagai alat transportasi untuk daerah terpencil.