Sukses

Komisi IX Dukung Perbaikan Faskes RSUD Gabriel Manek Atambua

Komisi IX DPR RI mendukung perbaikan fasilitas kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mgr. Gabriel Manek Atambua.

Liputan6.com, Jakarta Komisi IX DPR RI mendukung perbaikan fasilitas kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mgr. Gabriel Manek Atambua yang merupakan rumah sakit rujukan regional di Atambua NTT.

Demikian disampaikan Ketua Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi IX Pius Lustrilanang usai meninjau langsung progres pembangunan gedung baru RSUD Mgr. Gabriel Manek Atambua NTT, Selasa (01/8/2017)

Sebagaimana diketahui, lanjut politisi Gerindra ini, RSUD Mgr. Gabriel Manek Atambua pada tahun 2016 memperoleh alokasi anggaran sebesar 30 miliar yang saat ini digunakan untuk membangun gedung baru tiga lantai dengan pengerjaan fisik baru mencapai 30 persen.

"Pembangunan dan pengembangan fasilitas kesehatan ini penting dan sudah mendesak sebagai salah satu syarat agar akreditasinya bisa meningkat dari tipe C menjadi tipe B," ungkap Pius.

Hanya saja, politisi Dapil NTT I ini menyayangkan karena pada tahun 2017 ini ternyata RSUD Mgr. Gabriel Manek tidak lagi memperoleh anggaran seperti tahun sebelumnya.

"Kami ingin memastikan agar tahun depan bisa kembali memperoleh alokasi dana yang cukup untuk membangun gedung baru dan melengkapi berbagai fasilitas kesehatan sehingga target akreditasi B bisa tercapai," tandas Pius.

Sementara itu mengenai capaian peserta JKN di Atambua yang baru mencapai sekitar 50% dari total penduduk, Wakil Ketua Komisi IX DPR ini berharap prosesnya bisa dipercepat agar target capaian 100% pada tahun 2018 bisa terpenuhi.

"Integrasi program Jamkesda dengan BPJS harus segera diselesaikan. Ada beberapa Bupati yang enggan melakukan hal tersebut karena Jamkesda menjadi program andalan mereka untuk mendapatkan manfaat politis dari program Jamkesda. Komisi IX DPR kapasitasnya hanya menjembatani pemda dengan BPJS," tutup Pius Lustrilanang.

Sebelum meninjau pembangunan gedung baru RSUD Mgr. Gabriel Manek, Tim Kunker Komisi IX menggelar dialog dengan Bupati Belu Willybrodus Lay dihadiri Forkopimda Kabupaten Belu, Pimpinan OPD, Direktur RSUD Gabriel Manek dr Ansila dan para mitra kerja di Aula Betelalenok Kabupaten Belu, Atambua NTT.


(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini