Sukses

Jadi Tempat Isolasi, Lapas Batu Nusakambangan Bakal Dirombak

Pengamanan ketat Lapas Batu Nusakambangan berstandar Super Maksimum Security (SMS).

Liputan6.com, Cilacap - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bakal merubah empat Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Indonesia menjadi lapas isolasi bandar narkoba. Salah satu dari keempat lapas itu adalah Lapas Kelas I Batu Nusakambangan, Cilacap.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Ibnu Chuldun mengatakan, lapas ini digunakan untuk membui para bandar narkoba sekaligus memutus mata rantai peredaran.

Untuk merubah Lapas Batu menjadi lapas isolasi dengan standar pengamanan super, menurut dia, ada beberapa tahapan yang musti dilakukan.

Kata Ibnu, yang paling awal dilakukan adalah struktur bangunan yang berstandar Super Maksimum Security (SMS). Itu termasuk penunjang pengamanan, seperti CCTV. Selain itu, di lapas isolasi ini tak diperbolehkan ada sinyal secuil pun.

Jadi lapas isolasi bandar narkoba, Lapas Batu Nusakambangan akan diubah

"Jadi berapapun ponsel di dalam lapas tidak berfungsi,” kata Ibnu Chuldun, di Lapas Batu Nusakambangan, Sabtu sore, 5 Agustus 2017.

Di dalam kamar napi bandar narkoba, ujar Ibnu, tak diperbolehkan lagi ada lemari kotak yang yang dibawa oleh penghuni sel. Selain itu, alas tidur yang digunakan pun didesain khusus agar tak bisa digunakan untuk menyembunyikan barang lain.

"Tidak ada lagi stop kontak. Adanya hanya lampu. Sesuai dengan SMR. Penerangan lampu untuk membaca. Dan harus ada pencahayaan secara alami,” ujarnya.

Ibnu menjelaskan, pengamanan lapas isolasi bandar narkoba akan dilakukan bersama dengan tim yang dibentuk oleh Kemenkumham, TNI, Polri dan BNN. Adapun pegawai dan pengamanan lapas dari Kemenkumhan, bakal ditugaskan para pegawai muda yang memiliki integritas dan loyalitas yang tinggi.

"Setiap tahun harus ganti, muda, memiliki integritas. Punya kompetensi tertentu, terutama pembinaan, pengamanan dan pengawasan," ujarnya.

Meski terdengar seram, Ibnu mengklaim pihaknya tak melupakan hak-hak napi. Antara lain, hak berkomunikasi dengan keluarga untuk napi yang berkelakuan baik. Hak mendapatkan asupan makanan yang berkecukupan, serta jaminan kesehatan.

"Harus ada dokter dan fasilitas kesehatan yang cukup di lapas ini. Karena jika nanti dirujuk ke luar lapas isolasi, bisa merepotkan juga," jelas Ibnu Chaldun

Untuk menjamin keamanan, bahkan pakaian untuk Lapas Isolasi Bandar Narkoba juga bakal disediakan oleh lapas. Pakaian ini juga didesain khusus agar tak bisa digunakan untuk menyembunyikan berbagai benda.

Sakdikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.