Sukses

Jalur Mudik Brebes-Semarang Jadi Perhatian Korlantas Polri

Pada mudik 2017 ini akan ada penambahan exit tol.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa memantau jalur mudik di wilayah Jawa Tengah. Yang menjadi fokus pemantauan adalah rute yang berpotensi mengalami kemacetan panjang saat musim mudik lebaran mendatang.

Royke mengatakan jalur mudik yang rawan kemacetan adalah rute Brebes sampai Semarang. Pada 2016 lalu, kata dia, kemacetan panjang terjadi setelah pintu keluar atau exit tol Brebes (Brexit). Jalur tersebut merupakan jalur utama yang digunakan pemudik. Pantauan berlanjut ke jalur Pantura yang juga berpotensi kemacetan.

"Ini adalah survei yang sekaligus kami gunakan sebagai rapat mobile dengan pihak Kemenhub, PUPR dan Jasa Marga. Ini rapat berjalan kami yang kelima sejak 19 Januari. Diharapkan persiapannya semakin mantap dan baik lebih panjang dan lebih bagus antisipatif," kata Royke saat meninjau jalur mudik di kawasan Brebes, Jawa Tengah, Rabu (3/5/2017).

Royke menambahkan pada mudik 2017 ini akan ada penambahan exit tol. Bila tahun lalu tol hanya sampai Brexit, maka tahun ini ditargetkan sampai Semarang.

"Kalau tahun lalu tol hanya sampai Brebes atau Brexit yang ingin menuju ke Semarang. Saat ini kami upayakan mengurai kemacetan di jalur itu," ucap Royke.

Tak hanya itu, sambung Royke, pihaknya bersama dengan stakeholder terkait juga menyiapkan empat fly over atau jembatan layang di wilayah tersebut. Oleh karenanya, ia bersama dengan tim survei jalur mudik terus memantau perkembangan proyek pembangunan empat jembatan layang tersebut.

"Pemantauan berkala memang terus kita lakukan. Hampir setiap saat berkunjung ke sini, biar teman-teman di lapangan terpacu dan termotivasi, karena terus dikunjungi dari Pusat. Itu juga memang tujuan kami," terang Royke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.