Sukses

Kapolda Metro: Kondisi Novel Baswedan Membaik

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan mengungkapkan kondisi penyidik KPK Novel Baswedan saat ini sudah membaik. Novel yang kini dirawat di Rumah Sakit Mata Jakarta Eye Center (JEC) @ Menteng, Jakarta Pusat, sebelumnya dirawat di RS Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Nanti secara spesifik tanyakan ke dokter (keadaan Novel), tapi dari pengamatan saya tadi di Rumah Sakit Kelapa Gading sudah meningkat cukup pesat, sudah membaik. Kita bisa bicara, bisa ngobrol, ada beberapa pertanyaan yang saya ajukan mengenai situasi tadi pagi," Iriawan menjelaskan di Rumah Sakit Mata Jakarta Eye Center (JEC) @ Menteng, Selasa malam, 11 April 2017.

Iriawan menjelaskan, hingga kini enam saksi sudah diperiksa. Ia meminta semua pihak menunggu hasil pemeriksaan apakah cairan yang digunakan untuk menyiram Novel Baswedan adalah benar air keras atau bukan.

"Kami juga sudah memeriksa enam saksi. Kemudian tim juga sudah kami bentuk, barang bukti juga sudah diambil. Untuk memastikan cairan tersebut apa pastinya, kita tunggu," ia menambahkan.

Iriawan tak bersedia menerangkan ciri-ciri tersangka secara rinci. Dia hanya menjelaskan, mengarah pada foto yang sudah diambil sebelumnya. "Tentunya tidak bisa kami sampaikan di sini ciri-ciri pelaku."

Motif penyerangan pun masih diselidiki. Kapolda menyatakan belum bisa menyimpulkan apakah ini kasus kriminal biasa atau memang teror yang diarahkan secara sengaja kepada Novel sebagai penyidik KPK.

"Masih penyelidikan. Mohon sabar kami juga ingin selesaikan cepat. Kami lakukan pendalaman," kata Iriawan. "Yang jelas ada korban, pasti ada pidananya di sana. Novel sudah jadi korban. Apakah ini pasal 170 atau 351 KUHP, nanti kita lihat hasil penyelidikan."

Diberitakan sebelumnya, Novel Baswedan disiram air keras saat pulang ke rumah usai menunaikan salat Subuh di masjid dekat kediamannya.