Sukses

Kembali Kunjungi Novel Baswedan, Ini Kata Kapolda Metro Jaya

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya menjenguk di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan kembali menemui penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan di Rumah Sakit Mata Jakarta Eye Center (JEC), Menteng, Jakarta Pusat. Iriawan mengatakan kedatangannya untuk memastikan penuturan Novel Selasa 11 April 2017 pagi.

Termasuk memastikan jumlah personel kepolisian guna menjaga para penyidik KPK.

"Memastikan kegiatan pagi tadi. Sudah disampaikan itu (personel penjagaan penyidik KPK)," ujar Iriawan di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa malam.

Menurut dia, pihaknya akan menyiagakan 20 orang untuk menjaga para penyidik KPK. Pengamanan tersebut juga berlaku untuk jaksa.

"Tadi kita diskusikan sekitar 20 orang tempatkan di sana (KPK). Enggak (per penyidik KPK), situasional. Yang jelas kita akan lakukan maksimal pengamanan kepada anggota KPK agar bisa bertugas dengan tenang," tutur Iriawan.

Dia mengaku sempat menawarkan penjagaan di kediaman Novel Baswedan, tetapi ditolak. Alasannya, Novel kurang nyaman apabila dijaga aparat.

"Sebenarnya sudah saya sampaikan kepada Novel perlukah pengamanan di rumahnya? Tapi yang bersangkutan bilang tidak usah. Tak nyaman juga yang bersangkutan ada anggota kami di sana, seminggu sebelum kejadian juga sudah sampaikan. Pada saat pagi tadi memang kebetulan enggak ada (penjagaan) karena Novel bilang enggak usah," tutur Iriawan.

Saat ini, lanjut dia, pengamanan di rumah Novel juga sudah diperketat. "Rumah bersangkutan juga dijaga dengan ketat sekarang," ucap Iriawan.

Terkait keterangan dari pihak keluarga, Iriawan mengatakan saat ini sudah didalami. Termasuk keterangan istri Novel Baswedan.

"Sudah dalami termasuk ke istri karena di rumahnya kan mereka jualan online gamis, saya tanya apa jualan lain misalnya, mereka bilang enggak ada, itu jadi catatan siapa tahu ada korelasi. Akan ditanyakan juga ke kawan (penyidik) lain," pungkas Iriawan.