Sukses

Rusun di Jakarta Pakai Absensi Elektronik

Ada 9.459 penghuni rusun yang telah melakukan registrasi absensi elektronik.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan absensi elektronik di seluruh rumah susun (rusun) milik DKI dengan Kartu Jakarta One. Peresmian implementasi absensi ini dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono secara simbolis di Rusun Pesakih, Cengkareng, Jakarta Barat.

"Implementasi absensi elektronik di lingkungan rusun secara resmi dimulai," kata Sumarsono di lokasi, Jakarta, Senin 6 Februari 2017.

Pada kesempatan itu, pria yang akrab disapa Soni ini menjelaskan, absensi elektronik diterapkan untuk menghindari alih sewa rusun milik Pemprov DKI Jakarta yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu.

Soni menjelaskan, dengan sistem absensi elektronik ini, Pemprov DKI Jakarta bisa mengetahui identitas penghuni rusun agar tidak salah sasaran. Selain digunakan untuk absensi, Kartu Jakarta One juga bisa dipakai penghuni rusun untuk naik Transjakarta gratis.

Di tempat yang sama, Direktur Bank DKI, Kresno Sediarsi menambahkan, program ini sudah diimplementasikan sejak Agustus 2016. Hingga kini tercatat sudah 9.459 penghuni rusun yang telah melakukan registrasi absensi elektronik.

"Kira-kira sudah 70 persen dari total 13.731 penghuni rusun yang sudah menerapkan program ini. Kita juga sudah tempatkan 32 unit mesin absensi di 23 rusun," ucap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Arifin mengaku belum bisa memastikan penerapan absensi elektronik ini akan dilakukan setiap satu bulan atau seminggu sekali.

"Belum diputuskan, karena saat ini masih terus dilakukan pendataan," Arifin menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini