Sukses

Mengapa Ahok Tak Dijerat Pasal UU ITE?

Sebelumnya, pada sejumlah laporan yang diterima Bareskrim, Ahok dituding melakukan penistaan agama melalui media elektronik.

Liputan6.com, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah berstatus tersangka atas dugaan penistaan agama. Bahkan dalam waktu dekat, dia bakal mendengar dakwaan jaksa di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Namun, pada berkas perkaranya, jaksa dan polisi hanya menjerat Ahok dalam kasus dugaan penistaan agama, yakni melalui Pasal 156 KUHP atau 156 a KUHP. Pasal 28 ayat (2) tentang Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) tidak dicantumkan dalam berkasnya. Kenapa?

Sebelumnya, pada sejumlah laporan yang diterima Bareskrim, Ahok dituding melakukan penistaan agama melalui media elektronik.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Polisi Agus Andrianto, mengungkapkan unsur tersebut tidak ditemukan dalam tahap penyelidikan.

"Di laporannya memang ada Pasal 156 a dan UU ITE. Jadi, waktu penyelidikan UU ITE-nya tidak memenuhi unsur," ucap Agus di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Menurut dia, Bareskrim juga sudah berkonsultasi dengan Kejaksaan Agung terkait dengan penerapan pasal dalam perkara tersebut, termasuk pasal tentang UU ITE. Hanya saja, kata dia, Kejagung memiliki kesimpulan yang sama dengan penyidik. Mereka juga menilai tidak ada unsur pelanggaran UU ITE dalam perkara tersebut.

"Kita konsultasikan pada jaksa, ternyata itu tidak bisa masuk UU ITE. Jadi, pasal yang diterapkan bukan hanya dugaan penistaan, tapi penistaan golongan. Oleh karena itu, dimasukkan Pasal 156 sebagai alternatifnya," ujar Agus.

Sebelumnya, Kejagung sudah menyerahkan berkas dakwaan Ahok ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

"Yang jelas di PN Utara ya. Waktu tentu ya secepatnya. Begitu tahap dua kita segerakan ke pengadilan," kata Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Noor Rachmad.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.