Sukses

Wapres JK: Sandera Diperiksa Dulu Sebelum Bertemu Keluarga

Pemeriksaan sangat penting bagi pemerintah, khususnya untuk informasi tambahan dalam operasi pembebasan 9 sandera di tangan Abu Sayyaf.

Liputan6.com, Jakarta - WNI yang berhasil meloloskan diri dari kelompok Abu Sayyaf, Sofyan dan Ismail sudah dipulangkan ke Indonesia. Keduanya pun sudah bertemu dengan keluarganya masing-masing. Namun, sebelum bertemu dengan keluarga, para sandera harus melalui beberapa tahapan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) mengatakan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui keduanya setelah kembali ke Indonesia. Seperti di Filipina, keduanya juga harus menjalani serangkaian pemeriksaan.

"Selalu begitu. Itukan proses security," kata JK di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Para sandera yang berhasil bebas dan kembali ke Indonesia memang harus menjalani serangkaian pemeriksaan. Mereka harus diperiksa kesehatannya selepas disandera. Kemudian dimintai keterangannya terkait kondisi di lingkungan tempat mereka disandera.

Beberapa pemeriksaan ini tentu sangat penting bagi pemerintah. Khususnya untuk informasi tambahan dalam operasi pembebasan 9 sandera yang masih berada di tangan Abu Sayyaf.

"Tentu semua orang yang disandera, pertama kesehatannya dicek. Kedua, juga tentu ingin ditanyai ada apa nih, ke mana yang lainnya, bagaimana," pungkas JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.