Sukses

Ditanya Loyalitas ke Presiden, Ini Jawaban Tito

Polri sebagai lembaga yang unik terdiri atas komponen yudikatif dan eksekutif. Selain loyal kepada presiden, juga loyak kepada hukum.

Liputan6.com, Jakarta - Ada pertanyaan unik sekaligus menjebak yang disampaikan politikus Partai Demokrat Benny Kabur Harman kepada calon Kapolri Komjen Tito Karnavian. Adalah soal loyalitas Tito kepada Presiden.

"Pertanyaan ini silakan dijawab langsung saudara calon. Apakah saudara calon Kapolri loyal kepada Presiden?" kata Benny di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/6/2016).

Dengan sigap dan tegas Tito menjawab pertanyaan tersebut. Juga dengan penjelasan yang komplet.

Menurut Tito, Polri adalah lembaga unik yang berada pada sistem eksekutif dan yudikatif.

"Kalau berada pada komponen eksekutif, Polri menjalankan fungsi kantibmas, harus loyal penuh kepada Presiden, sementara yudikatif Polri loyal kepada hukum," jawab Tito.

Benny pun mengambil jeda untuk menanggapi jawaban Tito tersebut. "Kalau ada Pemilu Presiden janganlah Kapolri jadi alat Presiden, apalagi calonnya incumbent," kata Benny.

Sementara itu, Bambang Soesatyo selaku pimpinan sidang mengatakan, Tito lolos dari pertanyaan menjebak yang diajukan Benny.

"Untung saudara calon tidak terpancing, kalau menjawab loyal pada Presiden, mati semua kita," seloroh Bamsoet, sapaan Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.