Sukses

Temani Megawati Keliling Stan, Menteri Susi Tawar Kain Batik

Stan pertama yang dikunjungi adalah batik 'Pusaka Beruang' milik Santoso Hartono.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Menteri Kelautan dan Perikanan‎ Susi Pudjiasti serta Menteri Pertanian Amran Sulaiman berkeliling ke bazaar di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta Internasional (JI) Expo, Kemayoran. Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto juga tampak menemani mereka berkeliling.

Stan pertama yang dikunjungi adalah batik 'Pusaka Beruang' milik Santoso Hartono. Di sini mereka melihat-lihat dan memilih kain batik yang mayoritas merupakan batik tulis tersebut. Bahkan, Susi tak segan untuk menawar harga kain batik tulis lasem itu. Nego pun terjadi di antara Susi dan Santoso.

Awalnya, Megawati yang menanyakan harga sebuah kain batik yang tengah dipegangnya. "Iki berapa?" kata Megawati di stan Pusaka Beruang, JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (11/1/2016).

Namun, belum juga dijawab Santoso, Susi sudah menyela. "Wis, seketewu wae (sudah Rp 50 ribu saja)," tawar Susi.

"Enggak dapat bu. Enggak ada yang Rp 50 ribuan di sini. Paling murah Rp 100 ribu," ujar Santoso.

‎Tak lama Susi menanyakan lagi untuk satu kain batik yang tengah di liriknya. "Kalau yang itu, berapa?" ucap Susi sembari mengambil kain batik.

Namun Santoso mengatakan, harga kain batik berbeda dengan harga kain batik ‎yang tadi dilihat-lihat Megawati. Santoso buka harga Rp 350 ribu untuk kain batik yang dipegang Susi itu.

"Lah, tadi katanya Rp 100 ribu?" ujar Susi mencoba menawar lagi.

Susi kemudian memilih-memilih lagi kain batik lainnya. Mega pun juga tampak tengah mengecek dari 1 kain batik ‎ke kain batik lainnya. Di tengah pilah-pilih itu, Susi kemudian menyodorkan satu kain batik yang terdapat corak berwarna kuning.

"Ini batik warna kuning bu. Biar Golkar setuju, pimpinan DPR-nya setuju," ujar Susi yang disambut gelak tawa Hasto serta yang lainnya. Mega pun tersenyum mendengar celotehan Susi itu.

Selain itu, Susi juga kembali bercanda tatkala hendak memilihkan kain batik untuk Amran. Ketika itu, batik yang dipilihnya‎ terdapat motif warna kuning.

"Ini saja buat kamu warna pink," ujar Susi ke Amran. Namun, Amran menolaknya.

Akhirnya mereka membeli sejumlah kain batik.‎ Susi membeli 3 kain batik dengan harga total Rp 1.950.000. Megawati juga borong batik 3 potong dengan total harga Rp 1.700.000. Hasto juga turut membeli 3 potong kain batik dengan harga total Rp 1.600.000. Sementara Amran hanya membeli 1 potong kain batik seharga Rp 600 ribu.

Namun rupanya, kain-kain batik ini bukan berasal dari kantong pribadi masing-masing. Amran yang mengeluarkan uang untuk membeli semua batik itu.

Setelah dari sana, mereka melanjutkan ke stan penjual kelinci. Selain menjual kelinci peliharaan, penjual juga menjual olahan daging kelinci yang sudah matang. Namun, mereka tak menyicipi rasa daging kelinci.

Tak lama rombongan melihat-lihat ke stan jualan segala macam produk olahan berbahan dasar kedelai. Di sini mereka justru mendapat gratis satu produk kedelai dari penjual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini