Sukses

Pantau Kabut Asap, Mensos Bagi-bagi Makanan dan Uang

Suku Anak Dalam yang mendiami Desa Bukit Suban di kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD) mencapai 300 jiwa.

Liputan6.com, Jambi - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang ikut mendampingi Presiden Joko Widodo berkunjung ke Jambi menyatakan komunitas Suku Anak Dalam atau Orang Rimba Jambi sangat butuh stok makanan.

"Suku Anak Dalam kesulitan memperoleh makanan karena kemarau. Kesehatan juga terganggu karena kabut asap. Mereka korban, sangat butuh stok makanan," ujar Mensos saat berkunjung ke Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi, untuk bertemu Suku Anak Dalam, Jumat, 30 Oktober 2015.

Tak hanya membagi-bagikan stok makanan, Mensos juga membagi-bagikan sejumlah uang tunai pecahan Rp 50 ribu kepada anak-anak Suku Anak Dalam.


Sejumlah fasilitas sekolah khusus untuk Suku Anak Dalam serta rumah khusus yang dibangun oleh pemerintah juga turut ditinjau Mensos. Pada kesempatan itu, ia menyatakan akan memperhatikan serta memberikan bantuan khusus bagi sejumlah fasilitas untuk terus meningkatkan kehidupan warga Rimba Jambi.

Berdasarkan catatan Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi, Suku Anak Dalam yang mendiami Desa Bukit Suban di kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD) mencapai 300 jiwa. Sisanya menyebar di beberapa titik kawasan lainnya dengan jumlahnya diperkirakan mencapai 1.738 jiwa dengan 257 kepala keluarga. (Ron/Dms)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.