Sukses

Reshuffle Kabinet dan Pelantikan Menteri Baru Paling Populer

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle atau perombakan kabinet di Istana Negara. Ada 6 anggota Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-JK yang diganti oleh pria bernama lengkap Joko Widodo itu. Peristiwa ini menjadi berita yang paling banyak dibaca sepanjang Rabu kemarin.

Selain itu, pembaca juga menaruh perhatian terhadap nama-nama menteri yang diganti. Demikian pula dengan berita tentang Partai Golkar yang tidak setuju dengan masuknya Darmin Nasution dalam jajaran menteri yang baru dilantik Presiden Jokowi.

Top 5 News Selengkapnya:

1. Reshuffle Kabinet, Jokowi Lantik 5 Menteri dan Seskab Baru

Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle atau perombakan kabinet di Istana Negara. Ada 6 anggota Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-JK yang diganti oleh pria bernama lengkap Joko Widodo itu.

Dalam keputusan yang dibacakan di Istana Negara, Rabu (12/8/2015), Presiden Jokowi memberhentikan 5 menteri. Mereka adalah Menteri Koordinator Perekomian Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdjiatno, ‎Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinov Chaniago, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel.

Presiden Jokowi lalu mengangkat Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menko Polhukam, Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman, Sofyan Djalil sebagai Menteri PPN/Kepala Bappenas, dan Thomas Lembong sebagai Menteri Perdagangan.

Selengkapnya...

2. Ini Nama Menteri yang Dikabarkan Di-reshuffle?

Presiden Joko Widodo, Selasa, 11 Agustus 2015 malam, mendadak melakukan rapat empat mata bersama Wapres Jusuf Kalla di Istana Kepresidenan. Pertemuan tersebut untuk membahas mengenai rencana keputusan melakukan reshuffle kabinet yang akan dilakukan hari ini atau besok.

Tidak hanya itu, Jokowi juga memanggil beberapa menteri di Kabinet Kerja ke Istana Merdeka. Berdasarkan sumber Liputan6.com, mereka disebut sebagai menteri-menteri yang akan di-reshuffle dari jabatannya.

"Tadi malam menteri yang dipanggil ada Menko Perekomian Sofyan Djalil, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdjiatno, ‎Menko Maritim Indroyono Soesilo, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinov Chaniago," ujar sumber tersebut.

"Mereka yang dipanggil merupakan nama-nama yang telah diputuskan oleh Presiden Jokowi untuk di-reshuffle," ucapnya. ‎

Selengkapnya...

3. Cerita Pria Minang yang Persunting Gadis Bule Paling Populer

Meski bukan artis atau anak pejabat, ucapan selamat atas pernikahan Jennifer Brocklehurst dengan Bayu Kumbara sedang ramai di media sosial. Pernikahan keduanya pada Sabtu 8 Agustus lalu di Kota Padang, Sumatera Barat, banyak ditanggapi dengan kalimat iri sekaligus salut atas tekad keduanya.

Mereka memang bukan siapa-siapa. Bayu Kumbara adalah lulusan program studi Antropologi di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat. Sehari-harinya pria yang karib disapa Paik ini dikenal sebagai pegiat LSM Lembaga Perlindungan Anak Sumatera Barat dan Ruang Anak Dunia (Ruandu) Foundation.

Sedangkan Jennifer Brocklehurst adalah wanita asal Bridgewater, Inggris yang sedang menempuh studi Antropologi di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.

Yang menarik justru bukan pernikahan mereka, melainkan jalan percintaan serta proses menuju pelaminan. Melalui laman tilt.com, Jennifer sempat menulis kisah pertemuan keduanya. Saat itu, Jen panggilan akrab Jennifer, sedang liburan ke Sumatera di bulan Januari. Dalam liburan tersebut, dia bertemu dengan Bayu.

Selengkapnya...

4. Golkar Tolak Darmin Nasution Jadi Menteri

Presiden Joko Widodo akan mengumumkan reshuffle menteri Kabinet Kerja. Ada 6 menteri yang akan dirombak.

3 menteri koordinator yang akan dicopot yaitu Menko Perekomian Sofyan Djalil, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdjiatno, ‎Menko Maritim Indroyono Soesilo. Lainnya, Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinov Chaniago, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Salah satu tokoh yang akan dilantik yaitu, Darmin Nasution. Dia akan menggantikan Sofyan Djalil sebagai Menko Perokonomian. Belum juga dilantik, politikus Partai Golkar M Misbhakun menolak nama Darmin.

Alasannya, Darmin Nasution diduga terlibat dalam kasus mafia pajak Gayus Tambunan cs beberapa tahun lalu. Darmin diduga merestui surat yang menjadi pangkal masalah mafia pajak. Surat tersebut menyatakan penelitian keberatan wajib pajak PT Surya Alam Tunggal (PT SAT) tidak janggal.

Selengkapnya...

5. Alasan Jokowi Reshuffle Menteri Bidang Ekonomi

Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle kabinet dengan mengganti beberapa menteri. Di antara menteri yang akan direshuffle, kebanyakan merupakan menteri di bidang perekonomian.

‎Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, salah satu alasan Jokowi mengganti beberapa menteri di bidang perekonomian adalah memperkuat tim ekonomi agar tidak terpengaruh ekonomi global yang saat ini juga sedang terpuruk.

"‎Kalau itu sih sudah lama diwacanakan publik, kalau beliau belum pernah mewacanakan. Tapi sekarang mungkin beliau melihat kondisi ekonomi global jadi perlu memperkuat team work," kata Luhut di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, (12/8/2015). ‎

Luhut mengatakan, Jokowi menginginkan para menteri bidang ekonomi mempunyai kekompakan dan komunikasi yang berjalan baik.

Selengkapnya...

(Ado/Mar)