Sukses

Jokowi Resmi Lantik Letjen Mulyono Sebagai KSAD

Pelantikan digelar di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Setelah sempat mengalami kekosongan selama sepekan, posisi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) akhirnya kini terisi. Presiden Jokowi resmi melantik Letnan Jenderal TNI Mulyono sebagai KSAD menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang menjadi Panglima TNI. ‎

Pelantikan mantan Panglima Komando Cadangan Stategis Angkatan Darat (Pangkostrad) itu digelar di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, (15/7/2015).

Pantauan Liputan6.com, upacara pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah oleh Presiden Jokowi yang diikuti oleh Mulyono setelah sebelumnya Sekertaris Militer membacakan surat Keputusan Presiden Nomor 54 tahun 2015 Tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

"Saudara Letjen Jenderal Mulyono, Apakah Anda bersedia diambil sumpah dalam agama Islam?" ucap Jokowi.

"Bersedia," jawab Mulyono yang didampingi oleh seorang rohaniwan.

Jokowi resmi melantik Letnan Jenderal TNI Mulyono sebagai KSAD. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dalam sumpahnya, Mulyono menyatakan siap menjalankan tugas sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dengan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, sebagai pejabat tinggi negara, dia bersumpah akan menolak berbagai macam pemberian.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa dia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya," ucap Mulyono mengikuti lafadz sumpah yang disampaikan Presiden Jokowi.

"Bahwa saya akan akan senantiasa menjunjung tinggi sumpah prajurit," lanjut Mulyono.

Setelah prosesi pembacaan sumpah dan pelantikan selesai dilakukan, selanjutnya Jokowi dan Mulyono menandatangani berita acara yang disaksikan oleh Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Letjen TNI Mulyono menandatangani berita acara yang disaksikan Presiden Jokowi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Upacara pelantikan dimulai pada pukul 13.00 WIB dan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, para menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK, Kepala BIN Sutiyoso, para pimpinan DPR, DPD dan MPR serta para perwira tinggi di jajaran TNI maupun Polri.

Setelah proses pelantikan usai, Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla para pejabat serta tamu yang hadir selanjutnya secara bergantian memberikan ucapan selamat kepada Mulyono yang berdiri dengan didampingi sang istri.

Pelantikan Mulyono dilakukan setelah Jenderal Gatot Nurmantyo mengajukan namanya sebagai pengganti jabatan KSAD. Pengajuan nama itu kemudian disetujui Presiden Jokowi.

Rencananya setelah dilantik, Gatot dan Moelyono melakukan prosesi serah terima jabatan di Mabes TNI Angkatan Darat di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. ‎(Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.