Sukses

Jokowi Panggil Pimpinan KPK, Jaksa Agung, dan Wakapolri

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan ketua sementara KPK Taufiequrrachman Ruki, Jaksa Agung HM Prasetyo, dan Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti. Pertemuan berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi mengaku telah meminta ketiganya untuk saling bersinergi menindak berbagai penindasan terhadap pelanggaran hukum. Termasuk soal pemberantasan korupsi yang menjadi fokus pemerintah dalam lima tahun ke depan.  

"Selebihnya saya minta KPK dan saya perintahkan Jaksa Agung dan Polri untuk terus berkoordinasi dan konsolidasi, saling membantu agar penanganan pemberantasan korupsi segera kembali dilakukan lagi, ditingkatkan lagi," ujar Jokowi, Rabu (25/2/2015).

"Lalu saya pesan agar yang berkaitan dengan illegal logging, illegal Fishing, dan illegal maining itu diberikan perhatian, " imbuh dia.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar tiga institusi hukum tersebut terus bekerja sama dan tidak merasa lebih hebat. Ia meminta KPK, Polri, dan Kejaksaan Agung bekerja sama dalam melakukan penegakan hukum sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

"Kedua, saya tadi meminta KPK, Polri, dan memerintahkan pada Jaksa Agung untuk tidak ego sektoral. Harus saling dukung dan membangun sebuah kepercayaan masyarakat agar betul-betul sesuai dengan apa yang dikehendaki dan diinginkan masyarakat bisa dikerjakan," ucap dia.

"Kalau memang betul-betul sebuah tindakan yang menyimpang dan merupakan kejahatan, tindak tegas. ‎Kita sepakat untuk menempatkan korupsi sebagai musuh bersama yang mengancam kemajuan bangsa kita‎," tandas Jokowi. (Ndy/Yus)

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    KPK
  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.
    Korupsi
  • Kejaksaan Agung
  • Polri