Sukses

Basarnas: Confirm, Bodi Pesawat AirAsia QZ8501 Ditemukan

Bagian dari burung besi AirAsia QZ8501 itu dilaporkan terdeteksi pada kedalaman 28 meter.

Liputan6.com, Jakarta - Tim SAR gabungan berhasil menemukan badan pesawat AirAsia QZ8501 pada Rabu sore ini. Bagian dari burung besi itu terdeteksi pada kedalaman 28 meter.

"Bagian bodi pesawat dengan 1 wing atau sayap pesawat masih menempel pada bagian body berhasil kita temukan dan saya confirm," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo, di Kantor Pusat Basarnas, kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (14/1/2015).

Soelistyo menjelaskan, badan pesawat AirAsia itu ditemukan di area prioritas objek nomor 15. Gambar objek ini diambil menggunakan ROV dari kapal SSS Swift milik Singapura.



"Bisa kita confirm dengan ROV SSS Switf milik Singapura, dan saya minta ambil gambar dan saya pastikan itu bodi pesawat, saya terima pada pukul 15.05 WIB di kedalaman 28 meter," ungkap dia.

Setelah dilakukan pengambilan gambar objek itu, terlihat tulisan besar yang sangat identik dengan badan pesawat AirAsia. Hal itu juga sudah dikonfirmasi dan dibandingkan dengan pesawat aslinya.

"Ada tulisan 'Now Every', ini jelas sekali. Dimensinya 30 x 10 x 3 meter. Sudah saya confirm ditemukan dan difoto sudah saya bandingkan sendiri," tandas Soelistyo.

(Tnt/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.