Sukses

Cari Komputer Pesawat, KNKT Fokus Temukan Kabin Kokpit QZ8501

KNKT mengatakan, bagian kokpit kalau bisa ditemukan, sebab di sana terdapat instrumen-instrumen elektrik, terutama komputer.

Liputan6.com, Pangkalan Bun - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menargetkan ditemukannya bagian kabin kokpit pesawat AirAsia QZ8501. Sebab, selain black box atau kotak hitam, bagian kokpit pesawat juga penting untuk keperluan investigasi.

Investigator KNKT Nurcahyo Utomo mengatakan, bagian kokpit kalau bisa ditemukan, sebab di sana terdapat instrumen-instrumen elektrik, terutama komputer.

"Jadi KNKT sebisa mungkin puing terangkat semua. Kabin kokpit juga. Yang lebih penting komputer. Itu instrumen data untuk mendukung black box," kata Nurcahyo di Posko Utama Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu (14/1/2015).

Nurcahyo mengatakan, analisa terhadap segala hal yang terkait dalam kabin kokpit memang sangat dibutuhkan oleh KNKT. Salah satu untuk mengetahui itu adalah instrumen komputer guna mendukung data-data yang terdapat dalam Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR).

"Nah komputer itu ada di bawah kursi pilot sampai di bawah kursi pramugari depan," kata Nurcahyo.

Usai menemukan FDR dan CVR beberapa hari lalu‎, Tim SAR Gabungan terus memfokuskan pencarian, terutama untuk menemukan badan pesawat AirAsia QZ8501. Di mana diduga di badan pesawat itu masih banyak jenazah-jenazah penumpang yang terperangkap. (Ado/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini