Sukses

Kunker ke Pulau Seribu, DPRD DKI Berharap Punya Kapal Khusus

DPRD DKI Jakarta meminta Pemprov DKI memasukkan anggaran pengadaan kapal untuk kunker itu dalam RAPBD DKI 2015.

Liputan6.com, Jakarta - DPRD DKI Jakarta menginginkan adanya kapal khusus anggota Dewan untuk kunjungan kerja ke Kepulauan Seribu. Karena itu, mereka meminta Pemprov DKI agar memasukkan anggaran pengadaan kapal dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2015.

"Apakah tidak sebaiknya DPRD itu memiliki kapal untuk mengunjungi Kepulauan Seribu? Sehingga tidak perlu lagi berkoordinasi dengan Bupati atau Dinas Perhubungan," kata anggota Komisi A DPRD DKI Lucky Sastrawiria saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (10/1/2015).

Ketua Fraksi Partai Demokrat Amanat Nasional (FPD-PAN) itu mengatakan, pengadaan kapal tersebut diperlukan oleh pihaknya tahun ini. Sebab ada 2 agenda kunjungan ke Kepulauan Seribu yang harus dilakukan anggota Dewan.

Agenda pertama, lanjut Wakil Ketua Balegda DPRD DKI itu, pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang kemaritiman. Serta kedua, membentuk panitia khusus (pansus) terkait hilangnya beberapa pulau di Kepulauan Seribu. ‎

"Sebelum pansus itu diadakan, Badan Legislasi Daerah (Balegda) sempat ingin mengecek ke Kepulauan Seribu, ternyata kapalnya susah dicari. Jadi sulit juga kami cari pulau yang hilang itu," ucap Lucky.

Dihubungi terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Heru Budi Hartono belum bisa memastikan Pemprov DKI akan menganggarkan pengadaan kapal khusus kunker DPRD DKI itu. Pihaknya masih perlu mengkaji apakah pengadaan kapal diperlukan atau tidak.

"Kami lihat dulu efektivitasnya (pengadaan kapal) seperti apa," kata Heru. (Ado/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini