Sukses

Tim Gegana Seluruh Polda Sterilisasi Gereja Jelang Natal

Ronny menuturkan, Polri harus hadir dalam kondisi apapun untuk menjamin keamanan serta kenyamanan umat beragama.

Liputan6.com, Jakarta - Polri mengerahkan pasukan Gegana untuk sterilisasi di gereja-gereja yang akan menjadi tempat ibadah saat perayaan Natal. Hal ini untuk menjaga keamanan supaya tetap kondusif.

"Untuk sterilisasi rumah ibadah ada yang sudah dilakukan ada yang belum. Tapi biasanya sebelum tanggal 24 Desember sudah sterilisasi," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri  Irjen Ronny F Sompie di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (24/12/2014).

Ronny menjelaskan, sterilisasi dilakukan untuk meyakinkan dan memastikan agar seluruh tempat ibadah aman, dan tidak ada benda membayakan termasuk bom. Sebab, segala kemungkinan apapun bisa terjadi selama Natal.

"Di masing-masing Polda kan ada Brimob dan ada Gegana. Mereka koordinasi dengan panitia untuk sterilisasi dan memastikan tidak ada bahan mudah meledak dan berbahaya," ungkap Ronny.

Ronny menuturkan, Polri harus hadir dalam kondisi apapun untuk menjamin keamanan serta kenyamanan umat beragama dalam menjalankan keyakinannya dan merayakan hari besarnya.

"Kita berkoordinasi dengan panitia-panitia (perayaan Natal) dan kita kerahkan bantuan Brimob di kota-kota.‎ Kehadiran Polri sebagai representasi pengamanan di tempat peribadatan," tandas Ronny F Sompie.

Kapolri Jenderal Pol Sutarman mengatakan pihaknya mendengar akan adanya gerakan teroris pada saat perayaan Natal dan malam Tahun Baru 2015. Namun, gerakan dan ancaman tersebut tidak sebesar perayaan tahun sebelumnya.

"Dari informasi intelijen dan juga Babin Kambtibmas kita, mereka (teroris) masih bergerak. Tapi serangan mereka tidak signifikan pada Natal dan Tahun Baru 2015," ungkap Sutarman di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa 23 Desember 2014.

Kendati demikian, Sutarman mengatakan para anggotanya tak akan lengah mengawasi segala bentuk ancaman teror. "Potensi itu masih ada, tapi tidak terlalu signifikan yang semuanya di-cover dan diikuti oleh tim kita. Semua tidak mengurangi kewaspadaan Polri. Kita jaga di jalan dan tempat perayaan Natal serta tahun baru," tegas Sutarman. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.