Sukses

Blusukan Daerah Perdana, Jokowi Besok Sambangi Pengungsi Sinabung

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal mengunjungi pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di Kecamatan Kaban Jahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu 29 Oktober besok. Sejak dilantik sebagai Presiden ke-7 RI pada 20 Oktober silam, kunjungan tersebut adalah blusukan perdana Jokowi sebagai kepala negara ke daerah.   

"Bapak Presiden besok ke Sinabung untuk memberikan bantuan semacam tabungan dengan menggunakan kartu elektronik," kata Sekretaris Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Bambang Widianto di Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Menurut Bambang, pemberian bantuan kepada para pengungsi akan tercatat seperti penerima bantuan langsung, sementara kartu elektronik tersebut berfungsi sebagai saldo yang dapat dicek melalui telepon seluler.

Ia berharap, sistem pemberian bantuan kepada pengungsi Sinabung menjadi model bagi pemberian bantuan warga miskin lainnya. Sedangkan untuk pencairannya, ujar dia, antara lain dapat melalui penarikan melalui mesin anjungan tunai mandiri atau penyaluran melalui sejumlah toko waralaba atau kantor pos.

Mengenai nilai bantuan yang diberikan, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan belum mengungkapkannya karena masih tergantung dengan presiden. Sejauh ini pemerintah telah mengurangi titik pengungsian korban erupsi Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara menjadi 12 dari 16 lokasi untuk mempermudah penanganan.

"Korban Sinabung yang masih tetap sebanyak 3.284 jiwa atau 1.018 kepala keluarga (KK) itu sudah dipadatkan di hanya 12 titik dari 16 lokasi selama ini," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan singkatnya, Minggu 26 Oktober lalu.

Jokowi dijadwalkan bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, besok pukul 07.00 WIB. Adapun kunjungan Jokowi ke lokasi pengungsi Gunung Sinabung bukanlah yang pertama. Pada 10 Juni silam saat kampanye pilpres, Jokowi juga pernah ke sana. (Ant)