Sukses

4.300 Polisi Kawal Pelantikan Anggota Dewan Baru

Terkait pengalihan arus lalu lintas, Rikwanto menyampaikan bahwa hal tersebut bersifat situasional.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR dan DPD RI periode 2014-2019 dilantik pada Rabu (1/10/2014) siang ini. Untuk mengawal jalannya pelantikan, pihak kepolisian pun menurunkan ribuan personel di gedung parlemen.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto mengatakan pihaknya menurunkan 4.300 personel kepolisian untuk melakukan pengamanan di acara pelantikan dan pengambilan sumpah para anggota dewan.

"Personel yang berjaga gabungan dari Polda Metro dan Polres Metro Jakarta Pusat," kata Rikwanto di Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Rikwanto menjelaskan, pihaknya membagi beberapa pola pengamanan di gedung DPR RI. Di antaranya, ring satu mencakup ruang sidang, ring dua pada Gedung DPR-MPR, ring tiga sekitar komplek DPR-MPR, dan ring empat dijalan sekeliling komplek DPR-MPR.

"Kita siapkan juga antisipasi kontigensi. Ada 19.000 lebih personel untuk kontigensi, di-back up Mabes Polri dan TNI," ucap Rikwanto.

Terkait pengalihan arus lalu lintas, Rikwanto menyampaikan bahwa hal tersebut bersifat situasional. "Pengalihan arus lalu lintas situasional, lihat nanti bagaimana situasi dan kondisi di lapangan," tutup Rikwanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini