Sukses

Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Dipercaya Bisa Amankan Negara

Abuya Muhtadi menilai, Listyo Sigit saat memimpin Polda Banten mampu menciptakan kondisi dan situasi yang aman tanpa gejolak.

Liputan6.com, Banten - Pencalonan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) mendapat respons positif dari berbagai kalangan, termasuk ulama karismatik Banten Abuya Muhtadi Dimyathi. Listyo Sigit dipercaya bisa mengamankan negara. 

Abuya Muhtadi merujuk pengalaman saat Listyo Sigit menjabat sebagai Kapolda Banten sejak Oktober 2016 hingga Agustus 2018. Di Banten, kata dia, Sigit mampu menciptakan kondisi dan situasi aman tanpa gejolak.

Tak hanya itu, pria kelahiran Ambon, 5 Mei 1969 itu juga sangat dekat dengan masyarakat, termasuk para ulama. 

“Tugas utama dia terus amankan negara ini. Insyaallah mampu. Kalau beliau jadi (Kapolri) saya di belakangnya dan sebatas penguat saja. Saya ikut bagaimana keputusan pusat saja," kata Abuya Muhtadi dalam keterangan tertulis, Jumat (15/1/2021).

Abuya Murtadho, adik Abuya Muhtadi juga mengungkapkan hal yang sama. Menurut dia, selama berdinas di Provinsi Banten, perwira tinggi yang saat ini masih menjabat Kabareskrim Polri itu bekerja sangat baik dan mampu merangkul semua golongan. 

Bahkan Listyo Sigit sempat mengintruksikan seluruh jajaran Polda Banten untuk belajar kitab kuning. "Itu bagus," ujarnya. 

Dengan sikap tersebut, dia berharap seluruh polisi di Indonesia bisa mengikuti jejak Listyo Sigit saat memimpin provinsi yang terdiri dari 4 kota, 4 kabupaten, 154 kecamatan, 262 kelurahan, dan 1.273 desa itu. 

“Seandainya polisi-polisi dan jenderal-jenderal seperti Pak Sigit pasti bener. Nah, saya tidak tahu lagi setelah Pak Sigit pindah apakah program tersebut masih berjalan atau tidak," ucapnya. 

Abuya Murtadho pun mendoakan yang terbaik untuk mantan Kapolda Banten tersebut. "Doa yang terbaik saja ya," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fit and Proper Test Digelar Selasa 13 Januari 2021

Kabareskrim Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah diusulkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi calon Kapolri. Surpres penunjukan telah dikirimkan ke DPR pada Rabu 13 Januari 2021.

Komisi III DPR pun menjadwalkan proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo pada Selasa 19 Januari 2021. 

"Senin calon akan diundang ke sini untuk membuat makalah. 1-2 jam pembuatan makalah itu. Lalu hari Selasa akan dilakukan fit and proper test," kata Ketua Komisi III DPR Herman Hery, pada Rabu 13 Januari 2021.

Dia menuturkan, uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon kapolri Listyo Sigit Prabowo dimulai pukul 10.00 WIB.

"Fit and proper test itu akan dimulai jam 10 pagi. Dengan pola fit and proper test, 2x2,5 jam. Jadi jam 10 dimulai sampai 12.30. Lalu kita break, dan jam 2 (siang) akan dimulai lagi," jelas dia.

Herman berharap, pada sore harinya, Komisi III DPR bisa menggelar rapat untuk membuat keputusan menolak atau menerima calon yang diajukan oleh Presiden Jokowi itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.