Sukses

Jabar Siap Terapkan Teknologi Baru di Waduk Saguling-Cirata

Teknologi Upper Pams Storage akan dikembangkan demi memenuhi dan mengoptimalkan kebutuhan listrik di Jawa Barat.

Liputan6.com, Bandung - Demi memenuhi dan mengoptimalkan kebutuhan listrik, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana mengembangkan teknologi Upper Pams Storage atau pompa air penghasil listrik. Teknologi baru ini akan dikembangkan di kawasan Waduk Saguling-Cirata, perbatasan Kabupaten Bandung Barat dengan Kabupaten Cianjur.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat Suwarman Hadi Sumarto mengatakan, Upper Pams Storage adalah pengangkatan air yang telah dibuang dari waduk oleh turbin sehingga menghasilkan listrik.

"Nantinya hasilnya berupa kapasitas listrik 1.040 MW (Megawatt) atau setara dengan kebutuhan listrik nasional," kata Suwarman saat ditemui di Bandung, Sabtu (14/6/2014).

Ditambahkannya, proyek yang sedang dilakukan ini bekerja sama dengan PLN dan target rampung pada tahun 2018.

"PLN nanti membangun listriknya untuk kita semua. Rencana pembangunan fisik tahun 2015, kurang lebih 2018 baru bisa on listriknya. Kita akan prioritaskan warga setempat untuk diberikan aliran listrik terlebih dahulu. Ada sekitar 2.000 kepala keluarga," urai Suwarman.

Dia menuturkan proyek ini merupakan satu-satunya di Indonesia karena belum terdapat provinsi lain yang menerapkan teknologi tersebut.

Suwarman berharap ke depannya, teknologi itu bisa dikembangkan di waduk-waduk lainnya di Jabar. "Setelah Saguling, mungkin ke depan bisa diterapkan di Waduk Jatigede, Waduk Dharma, dan lain-lain," pungkasnya. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini