Sukses

Logo Baru Pertamina Diprotes

Liputan6.com, Jakarta: Kuda laut mengapit bintang yang telah lama menjadi citra merk Pertamina diganti saat perusahaan itu berulang tahun ke-48, Sabtu (10/12). Logo baru itu diganti dengan tiga bidang belah ketupat merah, hijau dan biru yang tersusun membentuk huruf "P". Namun pergantian logo ini diprotes Koalisi Serikat Pekerja dan Pensiunan Karyawan Pertamina.

Edi Yuwanto Suhoto, Kepala Departemen Penelitian dan Pengembangan Solidaritas Pensiunan Karyawan Pertamina mengatakan, biaya penggantian logo itu seharusnya dapat dipergunakan untuk keperluan lain yang lebih mendesak. Namun, Direktur Utama Pertamina Widya Purnama menilai biaya yang dikeluarkan mencapai US$ 255 ribu atau Rp 2,55 miliar ini telah sesuai dengan manfaat yang diterima.

Menurut Widya, biaya sekitar Rp 2 miliar itu tidak hanya untuk mengganti logo perusahaan. Tapi, juga untuk membayar Landor sebagai konsultan desainer yang telah membuat 30 aplikasi logo. Lambang itu akan dipergunakan di setiap pompa bensin. Namun, Widya menambahkan, nilai itu tidak termasuk biaya mengganti logo yang harus ditanggung para pemilik pompa bensin.(DNP/Linda Putri Mada dan Adi Amir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.