Sukses

Deretan Rumah Penyanyi IU di Kawasan Elit Gangnam hingga Gyeonggi-do Korea Selatan

Sebelum memiliki beberapa rumah mewah, IU diketahui sempat tinggal di sebuah kamar kecil yang dipenuhi kecoak bersama neneknya dan berpindah-pindah rumah kerabat karena utang orangtuanya.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi K-pop IU menuai sukses dengan rilisan album maupun karier aktingnya saat membintangi drama Korea yang hit. Tentu tak mengherankan kalau pundi-pundi uangnya pun terlihat dalam sejumlah properti.

Rumah mewah wanita dengan nama asli Lee Ji Eun ini tidak hanya satu, tapi ada beberapa yang berlokasi di kawasan elit Korea Selatan. Mengutip dari laman Livestyle Asia, Selasa, (14/5/2024), penulis sekaligus penyanyi yang telah memiliki lebih dari 50 lagu itu juga telah membuat kolaborasi, seperti yang terbaru dengan V Love Wins All dari BTS yang meraih kesuksesan luar biasa.

Sementara deretan K-drama yang dibintanginya Scarlet Heart Ryeo (2016), My Mister (2018), Hotel Del Luna (2019), dan Dream (2023). IU juga memiliki kekayaan bersih yang diperkirakan mencapai sekitar 45 juta dolar AS atau setara Rp725,4 miliar. 

Namun, laporan South China Morning Post mengungkapkan bahwa jalan menuju kekayaan tersebut tidaklah mudah. Dulunya IU sempat tinggal di sebuah kamar kecil yang dipenuhi kecoak bersama neneknya dan berpindah-pindah rumah kerabat karena utang orangtuanya.

Setelah melewati 20 audisi yang gagal dalam dua tahun dan penipuan oleh agensi palsu, dia memulai debutnya di bawah Loen Entertainment (Kakao M) dan meninggalkan kehidupannya sulit. Rumah mewah IU sempat menjadi berita utama, karena sangat jomplang dengan kehidupan masa lalunya. Berikut adalah beberapa rumah mewah pemilik nama asli Lee Ji Eun ini yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Cheongdam

Properti IU yang paling banyak dibicarakan adalah rumahnya yang mewah seluas 244 meter persegi senilai 11,7 juta dolar AS atau setara Rp188,6 miliar di Seoul, Korea Selatan. Rumah tersebut berada di kompleks perumahan termahal di Korea Selatan, Eterno Cheongdam.

Terletak di lingkungan elit Cheongdam dirancang oleh pemenang Arsitektur Pritzker Rafel Moneo. Rumah ini menampilkan setiap lantai kamarnya yang menghadap Sungai Han menurut laporan Korea Herald. Kabarnya, IU membayar rumah tersebut secara tunai, karena pinjaman untuk properti tempat tinggal di atas 1 juta dolar AS dilarang di kota tersebut.

2. Bangbae

Laporan Korea Herald juga menyebutkan sebuah rumah di Bangbae, terletak di daerah Gangnam yang populer di distrik Seocho-gu. Penyanyi ini membeli ruangan seluas 173,82 persegi pada Mei 2012 dengan harga sekitar 622.000 dolar AS atau setara dengan Rp10 miliar.

Diketahui IU telah mendaftarkannya sebagai tempat tinggalnya. Pada Juni 2019, dia lalu menjualnya dengan harga sekitar 637.000 dolar AS atau setara Rp10,26 miliar. 

3 dari 4 halaman

Ada Studio Rekaman

Dekat dengan ruangan ini terdapat studio penyanyi senilai 3,43 juta dolar AS atau setara Rp49 miliar. Menurut Soompi, properti ini menimbulkan kekhawatiran tentang penipuan investasi, karena pembangunan sistem kereta api berkecepatan tinggi baru yang akan meningkatkan nilainya secara eksponensial.

Timnya menanggapi hal ini dengan menyatakan bahwa itu adalah untuk penggunaan pribadi dan dekat dengan rumahnya. "Bangunan tersebut saat ini memiliki studio pribadi IU dan sebuah ruangan dengan 4-5 tempat latihan pribadi untuk artis juniornya yang dia berikan dukungannya. Sisa bangunannya digunakan sebagai kantor untuk bisnis ibunya," kata perwakilan IU.

3. Yongsan

Masih dari laporan South China Morning Post, IU memiliki sebuah apartemen di Raemian Caelitus yang mewah di distrik Yongsan. Diketahui IU bertetangga dengan banyak selebriti Korea yang memiliki rumah di wilayah tersebut.

Menara hunian mewah bertingkat tinggi ini juga dikenal menghadap ke Sungai Han dan memiliki 56 lantai. Apartemen ini juga merupakan gedung tertinggi ke-12 di seluruh Seoul. Kabarnya, harga rumah di sini mencapai 3,3 juta dolar AS atau setara Rp53,1 miliar.

4 dari 4 halaman

4. Gyeonggi-do

Menurut Koreaboo, IU juga memiliki rumah liburan dua lantai yang mahal di distrik Yangpyeong, provinsi Gyeonggi-do. Ruangan ini diyakini bernilai sekitar 1,64 juta dolar atau setara Rp26,4 miliar dan dia menghabiskan tambahan 596.000 atau setara Rp9,6 miliar untuk membeli tanah di sekitar properti tersebut. Kabarnya, properti ini dibeli untuk keluarganya.

Mengenai pertanyaan yang sering diajukan idola K-pop mana yang memiliki rumah termahal? Maka jawabannya, penyanyi K-pop IU memiliki salah satu rumah termahal di Korea Selatan dengan ruangan mewah seluas 244 meter persegi senilai 11,7 juta dolar AS atau setara Rp188,4 miliar di kompleks perumahan mewah Eterno Cheongdam.

Meski memiliki banyak properti mewah, IU sendiri tidak pernah secara terbuka memperlihatkan isi rumahnya atau mengajak penggemarnya tur ke dalam. Di laman resmi YouTube pribadinya, IU hanya pernah merekam video saat sedang berada di kamar dan ruang tamu apartemennya yang tampak besar namun ditinggalinya sendirian. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.