Sukses

Aktivitas Betharia Sonata Sebelum Terserang Stroke, Sempat Rajin Olahraga dan Bikin Video Klip Terbaru

Dalam salah satu video unggahannya, tampak Betharia tengah berlari di area Car Free Day (CFD), kawasan Sudirman, Jakarta Pusat sebelum akhirnya dikabarkan terkena serangan stroke.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi senior Betharia Sonata dikabarkan mengalami serangan stroke dan harus dilarikan ke rumah sakit. Kabar itu mulanya berembus dari unggahan viral di media sosial TikTok, salah satunya akun @kagetwak.

"Semoga lekas diberi kesembuhan bu Betharia Sonata," tulis akun tersebut pada Kamis, 2 Mei 2024.

Mengutip dari Tim Showbiz Liputan6.com, 5 Februari 2024, Willy Dozan, mantan suaminya, mengungkap kronologi awal penyakit mantan istrinya ini, yang terjadi saat Betharia mengisi acara ulang tahun Nia Daniaty. Ia mengatakan, saat menyanyi di acara ulang tahun Nia Daniaty, tiba-tiba suaranya berubah.

Betharia kemudian langsung dibawa ke rumah sakit setelah gejala tersebut muncul. Walau demikian, menurut diagnosa dokter, kondisi penyanyi asal Bandung ini belum parah. 

Mengulik dari akun resmi Instagram miliknya @official.bethariasonata, diketahui penyanyi kelahiran 14 Desember 1962 itu sempat giat berolahraga dan membuat video klip terbarunya sebelum dikabarkan terserang stroke. Dalam salah satu video tampak Betharia tengah berlari di area Car Free Day (CFD), kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

"Dlm tubuh yang sehat terdapat jiwa yg kuat," tulisnya di keterangan video yang diunggah pada 28 April 2024.

Kemudian pada unggahan 3 Mei 2024, ia juga mengunggah dua video klip berjudul "Ambo Alun Siap Ditingga Uda" di akun resmi YouTube Music Klasik. Tampak wanita yang kini berhijab tersebut memperlihatkan kembali kebolehannya menyanyi. 

Di kolom komentar unggahan ternyata sudah banyak warganet yang bertanya soal kabar dirinya sakit. "Sakit kah mb?" tulis seorang warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ditemani Mantan Suami

Saat Betharia Sonata dikabarkan sakit, Willy Dozan sempat menemaninya di rumah sakit. Aktor laga itu memegang tangan kanan sang mantan istri seakan memberikan kekuatan kepadanya.

Sementara tangan kanan Willy memegang kening ibu satu anak itu. Betharia pun memandang Willy dengan wajah sayu. Penyanyi lawas itu diketahui sempat mengalami masalah keluarga, karena Leo Dozan, putranya menjadi tersangka kasus penganiayaan  terhadap kekasinya sendiri, Rinoa Aurora.

Rupanya, sang aktor bertemu kedua orangtuanya untuk menceritakan kronologi dugaan penganiayaan yang sempat viral di jagat maya itu. Leon Dozan lalu bertemu Willy Dozan dan Betharia Sonata.

Saat itu, Willy meminta putranya untuk bercerita jujur soal keributannya dengan Rinoa Aurora tanpa ada yang dikurang atau ditambahi. "Sebelum ketemu di Kapolres sudah tahu kok, sudah. Kita bertemu bertiga, sama ibunya. Kronologinya cerita semua. Saya bilang: Jujur, jangan ditambahi jangan dikurangi," tutur Willy Dozan, melansir kanal Showbiz Liputan6.com, 23 November 2023.

 

3 dari 4 halaman

Kasus Leon Dozan Melukai Hati Betharia Sonata

Willy yang dulu terkenal saat bermain di sinetron Deru Debu itu mengingatkan putranya bahwa insiden dugaan penganiayaan ini melukai hati Betharia. Willy memerintahkan Leon Dozan minta maaf kepada ibunya, suasana pun menjadi pilu.

"Jadi, ya ada hal kesalahan tapi ada yang perlu kita benarkan. Ada yang kita keberatan, nanti saya boleh jelaskan. Jadi sampai kesalahan ini, kalau kamu salah, nomor satu kamu minta maaf sama Bunda," katanya. Leon pun menuruti permintaan ayahnya.

Nomor satu dalam hidup di dunia ini apalagi Indonesia, apalagi kita sebagai Muslim, itu cium kaki ibu. Langsung dia bersimpuh, mengakui atas kesalahannya, tapi ada hal yang (membuat) berita ini jadi liar," jelas Willy.

Setelahnya, ia menguak fakta tak lagi menggunakan jasa pengacara yakni Firdaus Oiwobo demi membuka jalan damai dengan pihak keluarga Rinoa Aurora. Willy Dozan berharap titik cerah perdamaian segera tampak.

4 dari 4 halaman

Kasus Kekerasan Leon Dozan

Namun tuntutan itu sekarang sudah dicabut pengacara. Karena dari pihak mamanya Rinoa sendiri bilang bahwa ingin damai ya, cabut pengacara. (Kami) cabut, ikuti. Tujuannya damai,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, polisi menjerat Leon Dozan dengan dua pasal. Pertama, 351 KUH Pidana tentang penganiayaan. Kedua, pasal 207 tentang dengan sengaja menghina institusi negara (dalam hal ini Polri) di muka umum.

Sebulan kemudian, Betharia menyampaikan permohonan maaf secara terbuka kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas ucapan Leon Dozan yang kurang pantas tentang polisi dalam sebuah video viral. Terang-terangan, Betharia mengakui anaknya tak sempurna. Itu sebabnya, Betharia Sonata minta maaf tak hanya kepada Kapolri Listyo Sigit Prabowo tapi juga kepada polisi di seluruh Indonesia.

"Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para netizen atau mahasiswa atau semuanya yang mengikuti dan mengetahui kejadian ini. Saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak Kapolri, Kapolres, Kapolda, dan seluruhnya bapak polisi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.