Sukses

Profil Betharia Sonata, Penyanyi dan Artis Senior Indonesia

Willy Dozan baru-baru ini membagikan kondisi Betharia Sonata setelah sebelumnya menderita gejala stroke beberapa waktu lalu. Berikut profil dan perjalanan karier dari penyanyi senior Betharia Sonata.

Liputan6.com, Bandung - Penyanyi senior Betharia Sonata sempat dilarikan ke rumah sakit karena menderita gejala stroke beberapa waktu lalu. Saat ini, penyanyi berusia 61 tahun tersebut dikabarkan sudah diperbolehkan pulang.

Menurut mantan suami Betharia Sonata, Willy Dozan, kondisi mantan istrinya disebut sudah menunjukkan kemajuan. Namun, masih ada beberapa hal yang mengganggu mantan istrinya terutama untuk membedakan warna.

“Ya ada kemajuan, cuma perlu dilatih motoriknya aja. Kalau jalan lancar, cuma kalau bicara sedikit kurang lancar,” kata Willy Dozan mengutip dari Liputan6.

Putra Willy Dozan dan Betharia Sonata juga mengungkapkan bagaimana kondisi Ibunya yang masih belum sepenuhnya pulih. Sehingga, ia membantu ibunya tersebut untuk berlatih agar gangguan penglihatan ibunya dapat diatasi.

“Mamah penglihatannya agak sedikit terganggu, kayak misalnya warna biru jadi silver. Tapi itu kalau dilatih terus Insya Allah bisa lancar lagi, aman lagi,” kata Leon Dozan.

Willy Dozan juga menyebutkan mantan istrinya tersebut menjalani perawatan di rumah sakit sekitar lima hari. Kemudian menuturkan, bahwa Betharia hanya perlu rutin berlatih untuk memulihkan kembali kondisinya.

“Sudah ada kemajuan. Kemarin baru keluar dari rumah sakit, 5 hari. Perlu dilatih motoriknya, supaya lancar,” kata Willy.

Pihaknya juga menambahkan saat ini keluarga berusaha menjaga pola hidup Betharia Sonata. Kemudian Willy juga menyebutkan bahwa mantan istrinya tersebut tidak boleh banyak pikiran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Betharia Sonata

Betharia Sonata memiliki nama lengkap Sri Betharia Sonata dan lahir pada tanggal 14 Desember 1962 di Bandung, Jawa Barat. Betharia dikenal sebagai seorang penyanyi dan artis senior Indonesia.

Perempuan berusia 61 tahun itu sudah aktif dalam dunia hiburan Indonesia sejak 1981 dan kerap tampil tidak hanya sebagai penyanyi tetapi juga pemain film. Sebagai penyanyi Betharia dikenal dengan lagunya bertajuk “Hati yang Terluka”.

Lagu tersebut berhasil membawa Betharia meraih Golden Kaset HDX untuk albumnya yang bertajuk sama. Setelah itu Betharia merilis album bertajuk “Seandainya” di tahun 1985 dan “Nostalgia 2” di tahun 1998.

Kariernya dalam industri musik sangat bersinar hingga berhasil menghasilkan sekitar 30 album solo. Betharia juga aktif berkarier dalam dunia akting dan tercatat pernah membintangi banyak film hingga sinetron.

Salah satu filmnya yang populer adalah “Biar Aku Cemburu” dan “Pengantin Cantik”. Kemudian untuk sinetron Betharia pernah berperan dalam sinetron “Terpikat”, “The Lajang”, dan lain-lain.

3 dari 3 halaman

Menikah dengan Aktor Laga Willy Dozan

Betharia Sonata pernah menikah dengan seorang aktor laga populer, Willy Dozan pada 1990. Melalui pernikahan tersebut keduanya dikaruniai dua anak bernama Muhammad Leon Rahman Dozan dan Nabila Rahman Dozan.

Namun, pernikahan Betharia dan Willy Dozan tidak bertahan karena keduanya memutuskan cerai pada 2002. Setelah resmi bercerai, keduanya kembali menjalani kehidupan asmara masing-masing.

Betharia Sonata juga menikah lagi dengan seorang pengusaha yang lebih muda darinya di tahun 2003. Namun pernikahan tersebut juga tidak bertahan lama karena hubungannya kandas pada 2005.

Meskipun saat ini Betharia Sonata dan Willy Dozan telah bercerai sejak lama, tetapi keduanya masih akur sebagai orangtua dari anak-anaknya. Keduanya bahkan kerap terlihat bersama dan membagikan foto kebersamaannya yang diunggah di media sosialnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini