Sukses

Bertolak ke Bali, Jokowi Akan Buka KTT World Water Forum ke-10

Presiden Joko Widodo atau Jokowi, berangkat menuju Provinsi Bali untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-10 World Water Forum (WWF).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak menuju Provinsi Bali untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10, Minggu (19/5/2024). Dia diagendakan membuka KTT WWF pada Senin, Senin 20 Mei 2024.

Jokowi dan rombongan lepas landas ke Bali menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 13.40 WIB, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Dia dijadwalkan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, pada Minggu sore hari.

Agenda KTT WWF ke-10 akan diawali dengan jamuan santap malam bagi para pemimpin dan delegasi di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Kabupaten Badung.

KTT WWF ke-10 sendiri akan secara resmi dibuka oleh Jokowi melalui upacara pembukaan yang akan digelar di Bali International Convention Center (BICC) besok pagi, Senin 20 Mei 2024.

Jokowi juga direncanakan untuk melakukan sejumlah pertemuan bilateral di sela-sela KTT tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Dihadiri 8 Kepala Negara

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengungkapkan WWF Ke-10 dijadwalkan dihadiri sebanyak delapan kepala negara dari Timor Leste, Fiji, Tajikistan, Sri Lanka, Hungaria, Maroko, dan Indonesia selaku tuan rumah.

Selain itu, juga dijadwalkan menghadiri World Water Forum ke-10 sebanyak 105 menteri dari 132 negara dan organisasi internasional, dengan jumlah peserta diperkirakan mencapai sekitar 46 ribu orang.

World Water Forum ke-10 mengusung tema besar “Water for Shared Prosperity”. Forum ini akan menghasilkan deklarasi tingkat menteri sebagai keluaran utama, yang disertai dengan kompendium atau concrete deliverables (aksi konkret).

Agenda internasional tersebut fokus membahas empat hal, yakni konservasi air (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security), serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.